Apa itu DVR Tribrid ?

Apa itu DVR Tribrid ?

Apa itu DVR Tribrid ?

Pengertian DVR Tribrid

DVR Tribrid adalah tipe digital video recorder yang saat ini banyak digunakan. Sebelumnya kita telah mengenal DVR Hybrid yang mampu melakukan streaming dan merekam dari kamera analog standar dan juga IP camera. Jenis DVR terbaru Tribrid ini memiliki kemampuan tambahan yaitu mampu mendukung kamera AHD selain kamera analog standar dan kamera IP.

Cara Kerja DVR Tribrid

Setiap channel pada Tribrid dapat dengan mudah dikonfigurasi untuk kamera Analog, AHD, atau IP cukup dengan menekan satu tombol. Setelah memilih tipe channel, hubungkan kamera Anda ke input video di bagian belakang unit, atau hubungkan ke jaringan Anda jika Anda menggunakan IP camera. Kamera yang dihubungkan langsung dengan kabel ke DVR dapat langsung melakukan streaming dan perekaman. Untuk IP kamera, Anda hanya perlu menambahkan ke daftar perangkat. Hal ini dilakukan dengan cara yang sama seperti jika Anda menggunakan NVR.

DVR Tribrid vs DVR Hybrid

Tribrid DVR adalah perekam video yang relatif baru di pasar Indonesia. Dengan adanya jenis DVR terbaru ini maka akan ada persaingan antara DVR Tribrid dan DVR Hybrid yang sudah banyak beredar. Banyak yang berspekulasi bahwa seri DVR Tribrid dapat sepenuhnya menggantikan Hybrid di masa depan. Tapi mana pilihan yang lebih baik dalam memilih DVR untuk saat ini akan tergantung dari kebutuhan pribadi anda sendiri.

Apa itu DVR Tribrid ?

Keuntungan menggunakan DVR Tribid

Kemudahan penggunaan

Cara menggunakan DVR Tribrid tidak jauh berbeda dari menggunakan DVR biasa atau NVR. Tampilan antarmuka (GUI) dan fitur hampir sama. Satu-satunya perbedaan yang nyata adalah fitur yang membedakan DVR dari NVR, dalam DVR tribid ini disatukan dalam satu unit DVR. Ini berarti akan ada tambahan beberapa pilihan menu atau input. Tapi bagi yang sudah pernah menggunakan DVR atau NVR tentu sudah familiar dengan menu dan input tersebut.

Kompatibilitas Kamera CCTV

Tribrid mirip dengan Hybrid karena keduanya kompatibel dengan kamera analog SD (standard definition) dan IP Camera HD, tetapi DVR Tribrid lebih baik karena ia juga kompatibel dengan kamera AHD. Ini membuat DVR Tribrid menjadi perekam video paling serbaguna di pasaran dan lebih kompatibel dengan berbagai jenis kamera CCTV.

Jumlah Channel

Perbedaan lainnya sedikit lebih sulit untuk dijelaskan jika Anda tidak akrab dengan DVR Hybrid. Secara umum, DVR Hybrida sebenarnya lebih memerlukan banyak channel dari yang anda kira. Misalnya ketika anda ingin membeli sebuah DVR Hybrid 4 channel, Anda mungkin memerlukan sebuah perekam video dengan 8 saluran dengan perincian 4 buah saluran analog, dan empat saluran IP. Ini berarti bahwa ketika Anda membeli DVR Hybrid, Anda dapat mengeluarkan biaya dua kali lipat dari apa yang harusnya Anda bayar. Dengan jenis DVR Tribrid, Anda akan mendapatkan jumlah channel yang tepat sesuai seperti yang diiklankan. Misalnya walaupun anda memiliki tiga jenis kamera yang berbeda, maka anda cukup hanya menggunakan DVR tribrid 4 channel.

Kemudahan Upgrade

Di masa lalu, upgrade dari satu sistem CCTV ke sistem lain selalu berarti anda juga harus mengganti kamera dan juga DVR. Untuk alasan ini, itu akan mahal cukup cepat untuk meng-upgrade; memiliki DVR yang kompatibel dengan setiap jenis kamera yang tersedia saat ini, terlepas dari jenis, harus tampak seperti no-brainer. Hal ini menempatkan Anda dalam posisi sempurna untuk meng-upgrade semua kamera analog anda, atau berencana untuk meng-upgrade di masa depan.

Dengan menggunakan DVR Tribrid Anda memiliki keuntungan untuk secara bertahap mengupgrade kamera CCTV anda dari kamera analog menjadi kamera AHD (analog HD) atau IP Camera tanpa harus mengganti DVR. Perlu diketahui, meskipun tidak harus meng-upgrade DVR Anda saat mengganti dari jenis kamera ke jenis kamera lainnya, Anda harus mengubah kabel CCTV setidaknya sekali jika Anda berencana untuk menggunakan ketiga jenis kamera. Jika Anda tidak ingin mengganti kabel, Anda harus berkomitmen untuk mengupgrade dari analog ke AHD atau dari analog ke IP. Sedangkan untuk mengubah dar HDCVI ke IP adalah mustahil tanpa mengubah kabel Anda.

Upgrade Dari Analog ke IP

Jika Anda memutuskan bahwa untuk pindah dari analog langsung ke IP, masih ada sesuatu yang perlu dipertimbangkan. Walaupun DVR Hybrid dapat menggunakan kamera IP di semua saluran, namun mereka tidak akan mampu melakukannya secara real-time seperti DVR Tribrid. Jika Anda perlu atau ingin merekam secara real-time, DVR Tribrid adalah pilihan yang paling tepat. DVR Hybrid hanya mampu merekam maksimal 7 fps di resolusi 1080p dan 15 fps pada 720p. Pada resolusi D1 DVR hybrid mampu merekam 30fps, tapi rasanya sayang jika anda memiliki kamera IP tapi tidak dapat memanfaatkan resolusi definisi tinggi.

No Comments


    Please login to comment

    CONTACT

    Untuk pemesanan CCTV dan informasi lebih lanjut mengenai instalasi CCTV, anda dapat menghubungi kami di:

    Telp : +62 21 – 295 11 000
    Email : marketing@stealth.co.id
    WA : 0811 93 55 888
    PIN BB : CCTVMAN


    Facebook
    Twitter
    Google Plus

    CCTV News