Bagaimana Melindungi Orang Tua Agar Tetap Aman di Rumah

Bagaimana Melindungi Orang Tua Agar Tetap Aman di Rumah

Bagaimana Melindungi Orang Tua Agar Tetap Aman di Rumah

Bagaimana Melindungi Orang Tua Agar Tetap Aman di Rumah

Saat ini kebanyakan keluarga besar sudah tidak lagi hidup di bawah satu atap. Anak-anak yang sudah dewasa tinggal jauh dari orang tua terpisah karena pekerjaan, kepentingan atau keadaan. Namun seperti halnya orang tua yang dulu merawat anak-anak sejak kecil, kini saatnya giliran kita membalas untuk merawat mereka agar bisa menikmati hidup di masa tuanya.

Bagaimana Anda tahu apakah ibu atau ayah anda aman-aman saja di rumah? Jarak adalah masalah terbesar bagi anak yang bekerja atau tinggal jauh dari orangtua. Mungkin sudah saatnya Anda mempertimbangkan bantuan teknologi pemantauan jarak jauh dengan kamera CCTV, atau dengan memasang alarm untuk mengantisipasi kondisi darurat.

Menghabiskan masa tua di rumah hampir selalu menjadi pilihan bagi para orang lanjut usia. Suatu penelitian melaporkan bahwa sekitar 85 persen lansi menunjukkan keinginan untuk tinggal di rumah di sisa hidup mereka. Dan banyak yang berhasil melakukan hal ini dengan menyediakan lingkungan yang mendukung kebutuhan orang tua.

Menghabiskan Masa Tua di Rumah yang Aman

Keamanan bisa lihat dari begitu banyak faktor seperti aman dari penyusup; lingkungan yang bebas dari hambatan fisik; hingga rumah yang dilengkapi dengan teknologi terbaru untuk memantau segala sesuatunya. Bagi anda yang memiliki mampu dan memiliki anggaran berlebih, berinvestasi pada sistem keamanan tanggap darurat berteknologi tinggi akan memberikan ketenangan pikiran ketika Anda tidak bisa berada di dekat mereka. Pertimbangkanlah tips berikut untuk membuat rumah orang tua Anda lebih aman, dan untuk menjaga jalur komunikasi tetap terbuka ketika Anda tidak bisa berada di sana.

Pencegahan dan Keselamatan Bagi Orang Tua

Bila ibu anda tidak lagi dapat menggunakan tangga pindahkan kamar tidurnya di lantai bawah. Mudahkan akses ke kamar mandi dan pasang perangkat yang akan memudahkanya beraktivitas dengan aman. Ketika Anda ingin membuat rumah orang tua Anda aman serta mudah diakses ke seluruh bagian rumah, ada banyak sumber daya yang tersedia. Hal ini sangat penting karena data yang ada melaporkan bahwa satu dari tiga orang dewasa berusia 65 atau lebih, pernah jatuh setiap tahunnya.

Jatuh adalah kecelakaan yang dapat dihindari. Bagi orang tua jatuh adalah penyebab utama dari cedera otak traumatis, patah tulang dan dapat menanamkan rasa takut pada orang tua sehingga menyebabkan mereka membatasi kegiatan mereka yang memicu penurunan kesehatan secara keseluruhan. Hilangkan hal-hal yang mampu menghambat pergerakan orang tua anda, pasang pegangan tangan pada beberapa tempat yang mungkin diperlukan, dan periksa sistem keamanan tambahan seperti alarm dan detektor asap. Setiap kali Anda mengunjungi mereka, lakuk pengecekan ke seluruh rumah untuk mencari potensi masalah yang mungkin muncul.

Keamanan Rumah

Di Amerika menurut data pihak berwajib, ada sekitar 13 juta rumah dibobol setiap tahunnya. Ini berarti terjadi sekitar satu aksi setiap 10 detik. Untuk memberikan keamanan bagi orang tua, perlindungan dapat dimulai dengan hal-hal kecil seperti memasang lubang intip di pintu depan dan menambahkan gerendel yang kuat untuk menjaga orang asing tetap diluar. Sistem keamanan rumah terus meningkat sehingga sekarang orang tua anda mampu untuk meminta bantuan secara instan cukup dengan menekan tombol darurat (panic button). Bahkan seluruh anggota keluarga dapat menerima langsung notifikasi peringatian melalui konektivitas internet pada smartphone, tablet, laptop dan komputer.

Sistem keamanan rumah pintar (smart security), akan memudahkan anda untuk menghidupkan atau mematikan sistem alarm dengan telepon. Anda juga dapat menyesuaikan lampu, suhu dan bahkan mengawasi kegiatan di dalam dan sekitar rumah dari jarak jauh. Jadi meskipun tinggal jauh dari ibu atau ayah, Anda dapat melacak apa yang sedang terjadi pada mereka melalui penggunaan sistem keamanan yang canggih. Tentunya ada satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah privasi. Privasi adalah hak semua orang, apakah muda atau tua. Jadi pastikan anda mendapatkan ijin mereka sebelum memasang berbagai peralatan keamanan tersebut.

Teknologi untuk Memberikan Rasa Aman bagi Orang Tua

Cara terbaik untuk benar-benar tahu apakah orang tua anda baik-baik saja di rumah adalah melalui komunikasi. Seringlah berhubungan melalui telepon, email, video-chat  dan meminta bantuan dari tetangga dan teman-teman orang tua kita. Dengan mengetahui bahwa bantuan akan tersedia ketika dibutuhkan akan memberikan ketenangan pikiran. Dengan kemajuan teknologi saat ini, suatu rumah dapat dilengkapi sensor untuk memantau gerakan, berapa kali pintu dibuka, dan tanda-tanda vital seseorang mudah dipantau apakah normal dan sehat.

Bagaimana Melindungi Orang Tua Agar Tetap Aman di Rumah

Produk keamanan yang tersedia saat ini dapat berupa perangkat monitoring kondisi vital lansia yang dapat mengirimkan informasi langsung ke tenaga medis profesional. Anggota keluarga dapat mengakses informasi melalui situs yang dilindungi sandi. Kalung khusus pemantau kondisi vital seseorang dapat langsung mengingatkan dokter anda jika orang tua anda terjatuh atau terjadi masalah lainnya. Anda juga bisa memasang jenis teknologi pengingat seperti layanan pengingat berbasis telepon atau sistem tanggap darurat pribadi jika bantuan yang intens diperlukan.

Memang orang tua mungkin hanya sedikit yang bisa menguasai teknologi terbaru, tetapi produsen pengembang produk keamanan terus berusaha menyesuaikan teknologi untuk memenuhi kebutuhan mereka. Ukuran layar dan tombola yang lebih besar pada smartphone, tombol email dan internet satu-sentuhan, dan fitur aktivasi suara akan membantu pengguna lanjut usia menavigasi teknologi terbaru. Berikan orang tua Anda teknologi yang dapat mereka gunakan. Bila anda memberikan smartphone, ajarai agar mereka dapat menggunakannya untuk menelepon, SMS atau melakukan video-chatting. Ajarkan juga bagaimana menggunakan sosial media seperti Facebook, Skype atau teknologi video conferencing lainnya sehingga Anda dapat berbicara “tatap muka” secara teratur.

Tidak ada yang lebih menentramkan selain selalu berada dekat dengan mereka. Dengan membantu menerapkan keselamatan dan keamanan di rumah mereka dan terhubung melalui teknologi secara teratur dapat membantu mengurangi kekhawatiran walaupun dari jarak beratus-ratus kilometer jauhnya.

Tinggalkan Balasan

div#stuning-header .dfd-stuning-header-bg-container {background-size: initial;background-position: top center;background-attachment: initial;background-repeat: initial;}#stuning-header div.page-title-inner {min-height: 650px;}
WhatsApp Chat us