Cara Melindungi Privasi Anda di Smartphone dari Aplikasi Jahat

Cara Melindungi Privasi Anda di Smartphone dari Aplikasi Jahat

Aplikasi pada smartphone dapat membuat hidup Anda jauh lebih mudah dan menyenangkan. Dengan aplikasi ini, Anda akan dengan mudah menemukan restoran terdekat, memberi tahu Anda apakah lalu lintas sedang padat, atau aplikasi FaceApp yang mampu menebak dengan pasti seperti apa wajah Anda saat Anda tua nanti. Namun anda juga harus hati-hati, karena aplikasi ini dapat memanfaatkan informasi yang tersimpan di ponsel Anda.

Kenyamanan dan kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi datang seiring dengan hilangnya sebagian privasi Anda. Informasi tentang lokasi, aktivitas, dan akun Anda akan dikirim ke komputer pembuat aplikasi. Data ini kemudian dapat digunakan untuk tujuan pemasaran, dijual ke perusahaan lain, atau bahkan dicuri jika aplikasi atau server pembuat aplikasi diretas oleh hacker jahat.

Aplikasi dapat meminta hak administratif data Anda yang dapat digunakan oleh aplikasi atau malware, untuk mencuri informasi pribadi Anda. Misalnya, sebuah game mungkin memiliki akses ke aplikasi ponsel Anda sehingga ia tahu kapan harus mem-pause saat panggilan masuk. Tetapi akses itu juga memungkinkan pembuat aplikasi untuk mendengarkan apa yang sedang anda bicarakan.

Langkah untuk melindungi data berharga Anda dari berbagai aplikasi

Untungnya ada cara mudah untuk membatasi intrusi dari aplikasi sambil tetap mendapatkan manfaat dari aplikasi tersebut. Langkah pertama adalah menghapus aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan, karena data anda akan terus dikirimkan ke pembuat aplikasi. Kemudian buka aplikasi yang masih anda gunakan dan sesuaikan pengaturan privasi di masing-masing aplikasi.

Sebagai aturan umum, beri akses aplikasi hanya ke informasi yang Anda tahu benar-benar dibutuhkan. Misalnya, apakah aplikasi penghitung kalori makanan perlu untuk mengetahui lokasi Anda? Bila tidak, coba matikan dan lakukan pengujian apakah ia masih bisa berfungsi seperti yang Anda inginkan.

Untuk Facebook, kami sarankan untuk mematikan akses ke kalender, kontak, mikrofon, dan data lokasi ponsel Anda. Anda dapat membiarkan akses ke kamera jika Anda sering memposting foto Anda. Seperti layanan media sosial lainnya, Facebook juga memiliki pengaturan unik untuk privasi dan keamanan, yang dapat diakses secara online atau dari dalam aplikasi.

Aplikasi FaceApp yang sedang viral saat ini merupakan produk dari perusahaan Rusia dan memicu kerawanan privasi penggunanya. Jika Anda ingin FaceApp menghapus semua data Anda dari servernya, Anda dapat mengirim permintaan di dalam aplikasi, dengan masuk ke Settings > Support > Report a bug dan mencantumkan “Privacy” di baris subject.

Cara Memeriksa dan Mengubah Pengaturan Aplikasi pada Ponsel Android

  • Masuk ke Kelola aplikasi (Manage application )di dalam Pengaturan (Settings).
  • Pastikan tab Semua Aplikasi dipilih.
  • Scroll ke bawah dan klik aplikasi yang ingin Anda ubah.
  • Klik pada Izin (Permissions).
  • Nonaktifkan permission yang tampaknya tidak perlu.

CCTVMAN hadir untuk menjawab kebutuhan akan solusi pemantauan dan perekaman lewat kamera CCTV. Selain layanan jasa instalasi paket CCTV murah kami juga melayani jasa perbaikan kamera dan sistem pengamanan lainnya. Untuk Info dan Pemesanan hubungi kami di: (021) 295 11000 atau WA: 0855 9929 676.

div#stuning-header .dfd-stuning-header-bg-container {background-size: initial;background-position: top center;background-attachment: initial;background-repeat: initial;}#stuning-header div.page-title-inner {min-height: 650px;}
WhatsApp Chat us