Cara Memasang Sistem Keamanan Rumah Sendiri

Cara Memasang Sistem Keamanan Rumah Sendiri

Tips Cara Memasang Sistem Keamanan Rumah Sendiri

Salah satu hal yang paling penting bagi pemilik rumah adalah ketenangan pikiran karena perasaan aman dari para penyusup. Bagi pemilik rumah yang memiliki anggaran cukup dapat menghabiskan banyak uang untuk sistem keamanan profesional. Sementara beberapa pemilik rumah yang memiliki anggaran terbatas terpaksa harus melakukan instalasi sendiri untuk menghemat biaya pengeluaran sistem keamanan rumah nya. Jadi kami mengumpulkan beberapa tips cara memasang sistem keamanan rumah sendiri dari para ahli keamanan tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan.

Apa hal yang paling penting untuk diperhatikan bagi pemilik rumah yang ingin menginstal sendiri sistem keamanan rumah nya?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami telah mengumpulkan saran beberapa ahli keamanan untuk memberikan tips cara memasang sistem keamanan rumah sendiri secara efektif.

  1. Jangan beranggapan bahwa melakukan pemasangan sendiri sistem keamanan rumah akan menghabiskan biaya yang lebih murah.

    Dalam sebuah industri keamanan, manfaatkan saat-saat tertentu ketika para profesional yang berpengalaman menawarkan instalasi gratis atau harga diskon. Anda dapat memiliki sistem yang dirancang secara efektif dan dipasang oleh teknisi yang berpengalaman. Hal ini akan sangat membantu untuk memastikan bahwa alat anda bekerja dengan baik.

  2. Utamakan untuk mengamankan semua titik masuk utama dan semua jendela dan pintu di lantai dasar.

    Lebih dari 50% invasi rumah terjadi melalui akses masuk di lantai dasar. Jika Anda berinvestasi dalam sistem alarm, lakukan pengecekan untuk memastikan semua sensor bekerja. Cek juga jika Anda memiliki baterai yang tepat untuk setiap perangkat, dan siap menggantinya sesuai kebutuhan. Bagi anda yang ingin mematikan AC dan membiarkan jendela terbuka sehingga udara dingin bisa mengalir maka sistem alarm adalah penting. Ketika alarm berbunyi, Anda dan tetangga atau orang-orang yang tinggal di sekitar rumah Anda akan terbangun. Dan yang paling penting, penyusup tahu bahwa rumah Anda dilindungi oleh sistem keamanan. Tentunya setiap penyusup ingin target yang paling tidak memberikan perlawanan dan rumah yang memiliki alarm yang bising bukanlah target yang mudah.

  3. Pertimbangkan kemudahan untuk mengupgrade sistem anda di masa depan

    Anda tidak hanya perlu memilih sistem yang sesuai anggaran Anda dengan perangkat yang paling Anda butuhkan. Tetapi Anda juga perlu mempertimbangkan biaya untuk mengupgrade sistem anda sesuai dengan kebutuhan masa depan karena kebanyakan orang akhirnya ingin menambah kemampuan sistem yang ada jika mereka cukup puas dengan performanya. Karena belum ada standar yang sama, maka kebanyakan sistem keamanan rumah akan tergantung ke dalam sistem mana yang Anda pilih. Jadi pilihan terbaik adalah dengan memilih produk dari perusahaan besar yang memiliki investasi yang signifikan dalam kategori keamanan rumah dan tidak mungkin men-discontinue produknya dalam waktu 6 bulan. Bila anda memilih opsi ini, cek terlebih dahulu semua biaya termasuk seperti harga pasang (instalasi), biaya bulanan serta dukungan teknis untuk pemeliharaan dan perbaikan.

    Juga carilah sebuah sistem yang mudah dipindahkan. Salah satu dari banyak manfaat besar sistem keamanan saat ini adalah menggunakan teknologi wireless (nirkabel) dan dengan demikian akan lebih mudah dipindahkan sesuai kebutuhan.

  4. Pastikan untuk memiliki sistem keamanan alternatif bila terjadi hal yang tak diharapkan.

    Bila sistem keamanan anda gagal bekerja, baris pertahanan terakhir sistem keamanan rumah harus tetap aman. Ini berarti Anda sudah menerapkan jalur pertahanan alternatif untuk mencegah pencuri seperti memelihara anjing yang menggonggong dengan keras, tanda-tanda bahwa Anda memiliki sistem alarm, dan tentu saja sistem alarm yang sebenarnya.

    Jika Anda ingin sistem keamanan yang selangkah lebih maju, Anda juga dapat melakukan sinkronisasi sistem alarm Anda, dengan menambahkan fitur Interface Alarm Paksaan. Dengan cara ini, jika pencuri mencoba mamaksa Anda untuk membuka brankas, Anda dapat memasukkan kode alternatif, yang akan membuka brankas tapi pada saat yang sama akan memberitahukan perusahaan keamanan Anda!

    Yang paling penting, investasikan untuk menggunakan brankas dengan kualitas yang baik untuk mengamankan barang-barang berharga Anda. Jangan gunakan sembarang brankas. Kami telah mendengar banyak cerita sedih tentang brankas murah yang mudah dibuka saat terjadi perampokan. Juga pertimbangkan proteksi kebakaran untuk memastikan keamanan barang-barang berharga Anda terhadap kebakaran serta pencurian. Sebuah brankas yang berkualitas baik harus mampu bertahan seumur hidup anda.

  5. Lakukan penelitian pada beberapa toko di sekitar anda.

    Kedengarannya klise, tapi seorang pemilik rumah harus tahu perbedaan antara sensor dan alarm (yang memang berbeda). Mereka juga perlu tahu beberapa hal tentang jangkauan alarm dan sensor mereka. Dan mereka perlu tahu bahwa jika suatu produk lebih mahal atau lebih murah tidak selalu berarti bahwa akan lebih baik bagi mereka. Perbedaan alarm dengan sensor adalah alarm akan membunyikan alarm, baik diam atau bersuara keras. Sementara sensor hanya akan memberitahu Anda bahwa sesuatu telah terjadi. Untuk sistem keamanan rumah Anda memerlukan sensor alarm yang bisa membunyikan alarm. Jangkauan jarak juga penting. Anda mungkin berpikir bahwa Anda dapat menempatkan satu perangkat dengan jangkauan maksimum dan berharap ia mampu bekerja maksimal. Namun seringkali Anda mungkin membutuhkan lebih dari satu.

    Dan terakhir, jika Anda pergi ke toko khusus keamanan rumah mereka akan mencoba untuk menjual kepada Anda perangkat yang paling mahal yang mereka miliki. Beberpa toko hardware memiliki banyak item yang sama dengan harga yang jauh lebih murah dan efisien. Sekali lagi, kuncinya adalah penelitian.

    Jangan takut untuk mengajukan pertanyaan dan jangan merasa bodoh jika Anda tidak mengerti bagaimana cara mengatur perangkat anda. Pilihlah teknisi yang sabar, pengertian dan bersedia membantu Anda. Jadi pastikan Anda mendapatkan petunjuk yang benar sehingga sistem anda bekerja dengan maksimal.

  6. Tentukan tempat menyembunyikan main panel Anda

    Kebanyakan orang berpikir bahwa main panel perlu langsung terlihat didekat pintu depan. Tapi Anda harus meletakkannya di tempat yang tersembunyi seperti di lemari pakaian atau laci dapur dan sebaiknya anda menggunakan kunci FOBS (atau ponsel pintar Anda) untuk menghidupkan dan menon-aktifkan sistem alarm anda.

    Tips Cara Memasang Sistem Keamanan Rumah Sendiri

  7. Pastikan kamera CCTV anda dapat bekerja pada berbagai kondisi cahaya

    Kamera yang mampu memberikan gambar bagus pada siang hari tidak selalu berarti ia juga akan bekerja baik di malam hari dan sebaliknya. Jangan arahkan kamera ke sinar matahari langsung yang akan merusak gambar. Kebutuhan untuk gambar berkualitas tinggi sangat penting yang dapat disimpan pada DVR dan dicetak sebagai screen shot dan diberikan kepada polisi bila terjadi pencurian atau insiden lainnya. Gambar yang tidak jelas, kabur, dan kasar tidak dapat membantu polisi mengidentifikasi wajah pelaku.

  8. Mempersiapkan aksi yang perlu dilakukan bila sistem keamanan anda mendeteksi sesuatu

    Ingatlah alarm tidak dirancang untuk mencegah sesuatu terjadi tetapi ia dibuat untuk mengingatkan Anda tentang fakta bahwa sesuatu sedang terjadi. Buatlah rencana matang dan berlatih apa yang perlu anda dan keluarga lakukan jika alarm Anda berbunyi. Kebanyakan orang menghabiskan banyak waktu untuk memilih sistem terbaik untuk mengingatkan mereka dari bahaya. Namun sangat sedikit yang menyiapkan tindak lanjut dari apa yang harus mereka lakukan ketika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

    Siapkan diri Anda dan keluarga dengan memiliki rencana darurat SEBELUM alarm berbunyi. Dengan memiliki rencana, anda akan tahu ke mana harus pergi dan bagaimana cara untuk sampai ke sana.

  9. Pilih perangkat yang praktis dan mudah dioperasikan

    Banyak pencurian di rumah-rumah yang memiliki sistem alarm tapi ternyata sistem alarm tidak bekerja dengan baik. Alasan nomor satu yand didapat dari pemilik rumah atau anggota keluarga adalah sistem alarm terlalu rumit untuk dioperasikan. Biasanya beberapa anggota keluarga tidak mengetahui dengan jelas bagaimana cara untuk mengoperasikan sistem keamanan di rumah mereka.

    Dengan teknologi yang ada saat ini sangat mudah untuk menginstal dan mengoperasikan sistem alarm sendiri. Untuk membuat sistem bekerja sebagaimana mestinya, sangat penting bahwa pemilik rumah untuk memilih yang praktis dan mudah dioperasikan. Diskusikan dengan semua anggota keluarga dan cari tahu apa sistem yang terbaik bagi seluruh keluarga Anda. Pilih produk alarm yang mudah untuk dipasang, mudah digunakan untuk semua anggota keluarga, memiliki biaya bulanan murah, dan dapat diupgrade jika kebutuhan Anda berubah.

  10. Jangan mengabaikan kunci rumah Anda!

    Kebanyakan pemilik rumah tidak mengerti bagaimana mudahnya kunci digandakan tanpa sepengetahuan mereka. Jika kunci tidak menggunakan teknologi terbaru baik mekanik atau elektronik, maka siapa pun yang pernah memegang kunci tersebut walau sebentar dapat membuat salinannya. Akibatnya ia dapat memasuki rumah tanpa sepengetahuan siapa pun dengan kunci duplikat.

    Mintalah seorang ahli keamanan profesional memberi pilihan yang tersedia saat ini. Kunci elektronik dengan teknologi terbaru akan memungkinkan pemilik rumah untuk memantau kapan saja kunci tersebut digunakan dan anda dapat membatasi waktu penggunaannya.

  11. Bangun lingkungan yang aman dengan tetangga di sekitar anda

    Mulailah membangun lingkungan yang lebih aman dengan saling terhubung dengan tetangga sehingga dapat berbagi informasi dan saling melindungi satu sama lain. Setelah tetangga terhubung satu sama lain, mereka dapat dengan mudah berbagi info, foto-foto kegiatan yang mencurigakan, dan cuplikan video CCTV dari sistem keamanan rumah yang dapat membantu tetangga tetap waspada. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah:

    • Mengirim peringatan darurat melalui email dan sms ke semua tetangga tentang aktivitas yang mencurigakan
    • Berbagi foto dengan tetangga bila ada kendaraan yang mencurigakan
    • Memperingatkan tetangga bila ada resiko terjadinya bencana
    • Mengirim rekaman CCTV pencuri untuk menjaga tetangga anda tetap waspada
  12. Jangan biarkan orang asing ada di dalam rumah Anda.

    Dengan memasang sistem keamanan rumah sendiri tidak ada alasan untuk membiarkan orang asing di rumah Anda untuk tujuan instalasi. Dalam waktu kurang dari 30 menit hanya dengan menggunakan obeng, Anda dapat memasang sensor di mana saja di rumah Anda. Langkah berikutnya adalah untuk mengatur notifikasi misalnya jika pintu terbuka dari jam 11 malam sampai 6 pagi maka ingatkan saya. Peringatan dapat berbentuk teks, tweet, email atau panggilan tergantung pada keinginan Anda.

    Juga penting untuk melihat biaya yang berkaitan dengan sistem keamanan. Biaya bulanan yang terus bertambah seiring waktu membuat beberapa sistem berbiaya mahal. Carilah sistem pemantauan yang memanfaatkan koneksi Wi-Fi yang ada untuk memotong biaya bulanan.

  13. Jadilah pemilik rumah yang pintar.

    Pertimbangkan gaya hidup Anda saat ini dan kebutuhan keluarga Anda ketika memilih sistem keamanan rumah. Misalnya apakah Anda sering bepergian? Apakah Anda memiliki anak-anak pulang kerumah dari sekolah saat Anda masih bekerja? Apakah Anda memiliki pembantu atau tukang tertentu yang membutuhkan akses ke rumah pada waktu tertentu?

    Pertimbangan ini akan membantu keputusan Anda dalam memilih sistem keamanan rumah sendiri yang tepat. Seringkali suatu keputusan pembelian sistem keamanan didasarkan pada alasan emosional, jadi percaya naluri Anda dan fahami terlebih dahulu apa yang terbaik untuk Anda dan keluarga Anda. Jika Anda merasa sistem tersebut aman dan terpercaya, mudah digunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda, maka Anda dapat mengandalkan teknologi rumah pintar untuk memastikan Anda dan keluarga Anda selalu aman.

Berikut tips agar rumah tetap aman saat anda berlibur

  1. Jangan menyembunyikan kunci Anda disekitar pintu depan anda. Banyak perampok yang sudah mengetahui tempat-tempat biasa pemilik rumah menyembunyikan kunci pintunya.
  2. Kenali Tetangga Anda. Ramah dan peduli dengan tetangga adalah garis pertahanan pertama. Saling mengingatkan pada setiap aktivitas yang mencurigakan di sekitar anda.
  3. Potong tanaman dan pohon yang dapat dijadikan tempat bersembunyi di sekitar jendela atau pintu. Pastikan semua titik masuk potensial memiliki pencahayaan yang baik.
  4. Kunci pintu dan jendela setiap saat, termasuk pintu garasi. Jangan meninggalkan kunci di luar. Simpan tangga atau benda apapun yang bisa dijadikan titik tolak untuk akses masuk melalui jendela atau atap. Pasang gerendel pada pintu.
  5. Berikan kesan Anda sedang berada di rumah walaupun pada kenyataannya anda sedang berpergian. Hidupkan lampu, televisi atau radio yang akan memberikan kesan seseorang sedang berada di rumah.
  6. Atur lampu, radio atau TV dengan timer sehingga mereka dapat hidup dan mati secara teratur. Jika Anda pulang terlambat atau sedang ada keperluan di luar, cara ini akan terlihat seperti seseorang sedang ada di rumah.
  7. Pasang detektor gerakan yang dapat dipadukan dengan lampu. Dengan cara ini lampu luar akan menyala terang jika seseorang mendekati pintu depan atau belakang.
  8. Atur tirai dalam posisi normal yang sewajarnya. Pencuri tertarik untuk masuk ke rumah dengan jendela yang selalu tetap tertutup baik siang dan malam.
  9. Ubah pesan mesin penjawab dari “sedang tidak berada di rumah” menjadi “kami sedang berada jauh dari telepon”.
  10. Nonaktifkan atau kecilkan mesin penjawab telepon sehingga bila mesin penjawab beroperasi terjawab tidak akan terdengar dari luar.
  11. Pasang tanda “Awas Anjing Galak” tanda lain untuk mengiklankan adanya sistem keamanan Anda, walaupun anda mungkin tidak memilikinya.
  12. Jauhkan barang-barang berharga dari pandangan dan juga hindari tempat persembunyian yang mudah diprediksi seperti laci meja rias, lemari es, bawah kasur dan dalam stoples kue.
  13. Tahu siapa orang yang berada di balik pintu. Gunakan lubang intip untuk mengidentifikasi pengunjung yang datang.

No Comments


    Please login to comment

    CONTACT

    Untuk pemesanan CCTV dan informasi lebih lanjut mengenai instalasi CCTV, anda dapat menghubungi kami di:

    Telp : +62 21 – 295 11 000
    Email : marketing@stealth.co.id
    WA : 0811 93 55 888
    PIN BB : CCTVMAN


    Facebook
    Twitter
    Google Plus

    CCTV News