Cara Memilih Paket CCTV Murah Terbaik untuk Rumah Anda

Cara Memilih Paket CCTV Murah Terbaik untuk Rumah Anda

Cara Memilih Paket CCTV Murah Terbaik untuk Rumah Anda

Sistem pengawasan CCTV dapat membantu melindungi rumah Anda dari penyusup. CCTV adalah alat yang berguna untuk menjaga rumah dan keluarga Anda agar tetap aman. Kamera pengintai memiliki fungsi ganda baik sebagai barang bukti bila terjadi kejahatan dan juga sebagai pertahanan. Tidak hanya bermanfaat sebagai pencegah pencurian yang baik, tetapi jika sesuatu terjadi ia dapat membantu penegak hukum untuk menemukan pelaku kriminal. Namun banyak yang mengatakan dalam memilih CCTV terbaik untuk rumah sangat rumit karena ada banyak fitur, harga, paket, dan pilihan lainnya yang dapat membuat pusing kepala Anda.

Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih CCTV

  • CCTV Kabel atau Wireless

    Sistem CCTV untuk pengawasan rumah tersedia dalam dua tipe yaitu kabel dan nirkabel (wireless). Sistem kabel hampir mirip dengan sistem listrik di rumah Anda, sementara kamera CCTV wireless bekerja dengan daya baterai dan melalui sinyal wireless. Sistem CCTV kabel umumnya lebih mahal biaya instalasinya dan lebih sulit untuk diganti. Keuntungannya CCTV kabel adalah lebih stabil dan memiliki kualitas sinyal yang sangat baik yang tidak akan ada konflik dengan perangkat nirkabel lain di rumah Anda. Di sisi lain, kamera CCTV wireless sangat mudah untuk dipasang, mudah disembunyikan, lebih murah untuk dibeli dan diganti. Namun perangkat nirkabel lainnya (seperti telepon wireless) dapat mengganggu sinyal sehingga akan mengorbankan kualitas gambar yang direkam.

  • CCTV Indoor vs Outdoor

    Menurut data FBI, sekitar 79% kasus invasi rumah dimulai dari pintu depan atau belakang, atau jendela di lantai dasar. Jika budget anda mencukupi, kamera outdoor tahan cuaca harus dipasang pada semua pintu luar dan jendela lantai dasar. Kamera ini tersedia dalam tipe standar, kubah (dome) yang tahan hujan, salju bahkan mungkin memiliki heater untuk daerah dingin. Selain itu, kamera dome vandalproof akan tahan terhadap serangan fisik, seperti pukulan tongkat atau palu.

  • Format Rekaman Video

    Kebanyakan sistem kamera rumah dapat merekam video untuk jangka waktu tertentu. Beberapa sistem lama dapat merekam ke VHS, DVD atau mini-disc. Tetapi sekarang hampir seluruhnya menggunakan teknologi DVR (Digital Video Recorder). DVR adalah sebuah sistem kamera berbasis komputer yang akan merekam video Anda ke hard disk sehingga lebih cepat dan mudah untuk mengecek hasil rekaman anda. Beberapa sistem teknologi tinggi yang tersedia saat ini secara simultan meng-upload video Anda secara online. Dengan cara ini bila sistem keamanan Anda berhasil ditembus dan sistem Anda dicuri atau dihancurkan, Anda masih memiliki rekaman video.

  • Akses Virtual

    Banyak sistem CCTV rumah saat ini juga menawarkan akses online agar dapat dilihat langsung melalui Internet atau smartphone Anda. Umumnya fitur live view, notifikasi mobile, atau fitur berbasis cloud akan membutuhkan biaya CCTV bulanan atau tahunan tergantung perusahaan CCTV yang anda gunakan.

  • Harga dan Biaya Pemasangan CCTV

    Anda bisa mendapatkan sistem keamanan CCTV murah dengan hanya menggunakan 4 kamera mungkin akan menghabiskan biaya sekitar 3 jutaan. Tapi dalam dunia CCTV “Kualitas berbanding lurus dengan harga” tetap berlaku. Semakin banyak kamera, atau anda menginginkan kualitas gambar terbaik maka harga CCTV yang perlu dikeluarkan juga akan semakin tinggi.

  • Paket CCTV

    Sebuah paket CCTV menawarkan cakupan yang lengkap untuk properti yang lebih luas atau komersial. Paket CCTV biasanya termasuk dengan perekam video digital (DVR) yang bertindak sebagai hub dan penyimpanan semua rekaman video Anda. Bila digunakan merekam terus-menerus (tergantung pada ukuran harddisk) maka DVR dapat menyimpan hingga beberapa bulan rekaman. Beberapa paket CCTV murah memungkinkan Anda untuk mengatur dan melihat rekaman pada smartphone atau tablet, sehingga Anda selalu dapat mengecek situasi bisnis atau rumah ketika Anda berpergian.

Cara Memilih Paket CCTV Murah Terbaik untuk Rumah Anda

Cara Memilih Paket CCTV

Hal yang perlu dipertimbangkan ketika membeli Paket CCTV adalah:

  1. Jumlah kamera dan saluran (Channels)

    Biasanya paket CCTV memiliki jumlah kamera dan jumlah saluran sesuai dengan kemampuan dan kapasitas DVR yang digunakan. Jumlah saluran adalah jumlah kamera yang dapat terhubung ke DVR. Sebuah DVR 4 channel (tipe DVR paling murah saat ini) mampu terhubung 4 kamera.

  2. Night vision inframerah (infrared = IR)

    Night vision inframerah memungkinkan kamera CCTV untuk melihat dan merekam dalam kegelapan. Jarak jangkauan akan bervariasi antara kamera, jadi pastikan Anda memilih paket CCTV dengan visibilitas malam yang cukup baik untuk bekerja di lingkungan Anda.

  3. Kapasitas DVR

    Kapasitas mengacu pada kemampuan DVR untuk menyimpan rekaman. Setelah hard drive penuh, file awal bisa ditimpa, sehingga harddisk yang lebih besar memungkinkan Anda untuk melihat rekaman yang lebih lama. Keuntungan kapasitas DVR yang lebih besar ini sangat terasa manfaatnya bila Anda sering bepergian atau memiliki banyak kamera.

  4. Kualitas gambar

    Kualitas gambar CCTV diukur dalam satuan TV-lines atau TVL. Ini mengacu pada jumlah horizontal garis vertikal pada keseluruhan gambar. Semakin tinggi angkanya maka gambar yang didapat akan lebih jelas dan lebih rinci. TVL yang besar ini diperlukan jika Anda merekam ruangan yang besar atau mengawasi properti dari jauh.

  5. Konektivitas mobile

    Dengan adanya fitur konektivitas mobile maka kamera CCTV akan tersambung ke jaringan WiFi Anda. Ini berarti Anda dapat log in menggunakan komputer, tablet atau smartphone dan melihat live view dari salah satu kamera untuk mengawasi properti saat Anda berpergian.

Tidak ada satu tipe CCTV yang bisa untuk digunakan semua tempat pada sistem keamanan rumah. Sistem yang Anda pilih sebaiknya akan disusun sesuai budget Anda, tata letak rumah, iklim / cuaca, lingkungan sekitar, dan faktor-faktor lainnya. Mulailah pencarian Anda dengan apa yang Anda inginkan dan anggaran yang tersedia, dan kemudian carilah beberapa yang paling mendekati. Bandingkan juga sistem yang berbeda namun masih di kisaran harga yang sama. Pelajari fitur, kelebihan dan kekurangan masing-masing produk yang ditawarkan. Jaga layanan after service seperti garansi, perbaikan dan perawatan. Teruslah mencari sampai menemukan satu paling mendekati dengan yang Anda butuhkan dengan harga CCTV yang terjangkau oleh kantong Anda.

No Comments


    Please login to comment

    CONTACT

    Untuk pemesanan CCTV dan informasi lebih lanjut mengenai instalasi CCTV, anda dapat menghubungi kami di:

    Telp : +62 21 – 295 11 000
    Email : marketing@stealth.co.id
    WA : 0811 93 55 888
    PIN BB : CCTVMAN


    Facebook
    Twitter
    Google Plus

    CCTV News