Manusia Masih Lebih Baik Dalam Mengenali Wajah Dibandingkan Komputer

Manusia Masih Lebih Baik Dalam Mengenali Wajah Dibandingkan Komputer

Manusia Masih Lebih Baik Dalam Mengenali Wajah Dibandingkan Komputer

Manusia masih lebih baik dalam mengenali wajah Dibandingkan algoritma komputer terbaik

Sebuah studi menemukan, orang yang ahli dalam bidang forensik dan memiliki kemampuan langsung mengenali wajah orang masih mengungguli kemampuan komputer dengan algoritma terbaik sekalipun. Dalam penelitan tersebut menunjukkan kemampuan manusia ini akan terus dibutuhkan di masa mendatang untuk mengenali wajah seperti pencegahan kejahatan dan keamanan dan lainnya. Studi dilakukan pada 27 pengenal wajah profesional yang telah dilatih khusus untuk mengidentifikasi wajah manusia. Para profesional ini terbukti jauh lebih unggul dibandingkan komputer atau orang yang tidak terlatih dalam mengidentifikasi foto-foto orang asing.

Cara Mesin Pengenal Wajah Bekerja

Orang yang ahli dalam bidang forensik dan memiliki kemampuan langsung mengenali wajah orang masih mengungguli kemampuan komputer dengan algoritma terbaik. Komputer saat ini hanya dapat mengungguli kemampuan manusia ketika gambar yang didapat berkualitas tinggi, tetapi kenyataan sering berlawanan karena gambar yang ditangkap dari CCTV masih banyak yang berkualitas rendah. Sistem pengenalan wajah dan bola mata adalah teknologi yang semakin umum di gunakan pada bandara. Para ilmuwan juga menemukan penguji profesional yang terlatih menggunakan berbagai teknik pengenal wajah yang berbeda dibandingkan dengan orang-orang biasa.

Perbedaan Cara Mengenali Wajah

Manusia normal biasanya menggunakan metode “holistik” yang membandingkan perbedaan antara wajah. Hasil penelitian kemudian menunjukkan bahwa ahli profesional menggunakan strategi yang berbeda untuk mengidentifikasi wajah dalam kerja mereka. Para ahli yang terlatih ini menggunakan teknik analisis lebih mendalam yang mengeksploitasi perbedaan antara fitur wajah tertentu.

Manusia Masih Lebih Baik Dalam Mengenali Wajah Dibandingkan KomputerPenelitian ini dilakukan pada 27 pemeriksa forensik profesional dibandingkan dengan orang-orang yang tidak terlatih serta beberapa algoritma komputer terbaik untuk sistem pengenalan wajah. Masing-masing ditampilkan sepasang foto, kemudian diminta untuk membuat penilaian apakah dalam foto itu adalah orang yang sama, dengan salah satu foto diletakkan terbalik.

Perbedaan terbesar para penguji profesinal ini adalah mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk mempelajari gambar, namun ternyata hasil pencocokan wajah lebih akurat ketika wajah ditampilkan terbalik. Hal ini juga berlaku saat menjelaskan rincian detil pada foto. Ilmuwan komputer telah bekerja pada teknik pengenalan wajah selama bertahun-tahun dan algoritma terbaik mereka hanya bekerja dengan baik ketika gambar diambil dalam kondisi pencahayaan yang baik. Namun kebanyakan situasi gambar yang didapat masih berkualitas rendah yang bersumber dari kamera CCTV atau ponsel.

Tinggalkan Balasan

div#stuning-header .dfd-stuning-header-bg-container {background-size: initial;background-position: top center;background-attachment: initial;background-repeat: initial;}#stuning-header div.page-title-inner {min-height: 650px;}
WhatsApp Chat us