Mesin Fingerprint & Akses Kontrol

Fingerprint - Face Recognition - Access Control - Electromagnetic Locks

Mesin Fingerprint

Mesin fingerprint adalah mesin untuk mendeteksi sidik jari pengguna yang biasanya digunakan untuk absensi karyawan dan juga akses kontrol ruangan.

Mesin Absensi Fingerprint SF-101

Mesin absensi fingerprint sf-201

Mesin Fingerprint SF-180

Face Recognition

Face recognition atau mesin pengenal wajah adalah perangkat pengidentifikasi wajah yang dapat digunakan untuk absensi dan juga akses masuk ke dalam suatu ruangan.

Mesin Pengenal Wajah Merek Stealth

Mesin Fingerprint Reader Biometrik

Biometrik dapat didefinisikan sebagai metode yang digunakan dalam mengenali seseorang berdasarkan atribut fisik unik yang dimilikinya. Karakteristik ini berupa pola wajah, suara, sidik jari, dan iris mata. Sidik jari atau fingerprint adalah ciri khusus setiap manusia berbeda antara satu dengan yang lainnya. Pembaca sidik jari adalah bentuk perangkat biometrik yang paling umum digunakan. Sidik jari terdiri dari alur-alur yang unik sehingga setiap orang memiliki pola sidik jari yang berbeda. Bahkan saudara kembar akan memiliki pola sidik jari yang berbeda. Pembaca sidik jari pada dasarnya memberikan identifikasi seseorang berdasarkan pola-pola unik tersebut.

Jenis-Jenis Fingerprint Reader

  1. Mesin Absensi Fingerprint (Time & Attendance Fingerprint Reader)

    Mesin absensi fingerprint adalah perangkat untuk mendeteksi sidik jari yang biasanya bertujuan untuk absensi karyawan. Keuntungan menggunakan mesin absensi fingerprint dibandingkan absensi manual adalah lebih cepat dan data lebih akurat serta memiliki kapasitas simpan yang besar. Unit ini memiliki algoritma pencocokan sidik jari dengan kinerja tinggi, kualitas gambar dan sensor sidik jari optik yang cukup cepat. Transmisi data antara terminal dengan PC dapat dengan mudah dilakukan dalam beberapa detik.

  2. Standalone Fingerprint Reader

    Jenis pembaca sidik jari ini sangat ideal untuk daerah yang hanya membutuhkan akses kontrol tanpa memerlukan software manajemen. Sensor sidik jari dilengkapi dengan tutup pelindung. Selain itu juga terintegrasi proximity card reader (EM). Jenis fingerprint reader ini memiliki keunggulan mudah digunakan, dan memiliki 3 tombol untuk registrasi, menghapus data dan juga sebagai bel pintu.

  3. USB Fingerprint Reader

    Pembaca Sidik Jari USB ini adalah perangkat yang dapat menangkap gambar sidik jari dan menguploadnya ke komputer melalui antarmuka USB. Pengguna juga dapat mengintegrasikan perangkat ini dengan sistem mereka sendiri. Jenis pembaca sidik jari ini banyak digunakan dalam asuransi, keamanan publik, absensi kehadiran, dan bidang lainnya.

  4. Facial and Fingerprint Reader

    Tipe fingerprint reader ini adalah perangkat multi-biometrik yang dapat digunakan sebagai absensi juga terminal akses kontrol. Dengan Jenis fingerprint ini dapat menggunakan wajah, sidik jari, RFID dan PIN untuk mengidentifikasi pengguna. Dengan algoritma identifikasi wajah terbaru, ia dapat mengenali wajah seseorang berdasarkan ukuran dan bentuk mata, hidung, tulang pipi dan rahang. Ideal untuk absensi dan akses kontrol yang membutuhkan waktu cepat, tipe ini dapat beroperasi pada mode standalone dan menyediakan sistem yang lengkap yang mudah digunakan untuk perusahaan kecil hingga menengah.

Cara Kerja Mesin Absensi Fingerprint

Mesin absensi fingerprint memerlukan proses registrasi terlebih dahulu. Pada proses scan pertama kali data akan dimasukkan ke dalam sistem beserta identitas user seperti nama atau nomor. Cara penggunaan mesin absensi fingerprint umumnya sama yaitu :

  1. Scan awal atau registrasi sidik jari pada perangkat
  2. Data pola sidik jari lalu disimpan dalam database atau memori perangkat.
  3. Pada saat scan absensi, pola sidik jari akan dicocokkan dengan hasil scan sidik jari awal saat proses registrasi.

Kegunaan Mesin Abensi Fingerprint

Mesin fingerprint memiliki fungsi sebagai berikut yaitu :

  1. Absensi kehadiran karyawan

    Manfaat mesin absensi fingerprint yang paling utama adalah untuk absensi kehadiran karyawan. Perusahaan yang memiliki banyak akan dipermudah dalam proses pantauan kehadiran karyawan. Proses absensi menjadi lebih mudah dan cepat. Dari data akan diketahui secara pasti kapan seorang karyawan datang dan pergi.  Karyawan yang sedang berhalangan hadir tentunya tidak akan ada data yang tersimpan. Bila menggunakan absen manual dapat terjadi kecurangan-kecurangan. Dengan adanya mesin fingerprint ini maka tingkat kecurangan ini dapat dihilangkan.

  2. Mengetahui kinerja karyawan dengan melihat jam kerja

    HRD perusahaan tentunya ingin mengetahui lama jam kerja dan absensi karyawan secara jelas dan akurat untuk mengetahui kinerja karyawan tersebut. Dari data yang masuk pada mesin absensi maka akan dengan mudah dihitung jam kerja karyawan yang bersangkutan.

  3. Mengetahui gaji yang harus dibayar berdasarkan absensi karyawan

    Sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan, maka mesin absensi sangat bermanfaat untuk menghitung gaji atau upah karyawan yang bersangkutan. Perusahaan yang sangat memperhatikan pentingnya ketepatan waktu masuk dan pulang kantor akan dengan mudah menghitung gaji karyawan tersebut.

    Dengan bantuan aplikasi dan software absensi karyawan maka proses penghitungan gaji akan lebih akurat. Software absensi akan menguntungkan bagi perusahaan yang memiliki ratusan karyawan karena gaji pokok bahkan uang lembur dapat dihitung dengan lebih mudah.

  4. Akses kontrol pintu

    Mesin fingerprint digital dan biometrik sangat bermanfaat untuk memberikan akses kontrol pintu pada ruangan kantor, gudang dsb. Beberapa ruangan tertentu yang menyimpan dokumen penting atau barang berharga dapat menggunakan access door agar hanya orang yang dipercaya bisa memasukinya.

Mesin Fingerprint dan RFID

Mesin fingerprint atau sidik jari adalah mesin untuk mendeteksi sidik jari untuk alasan keamanan (security) atau dapat juga digunakan untuk absensi kehadiran karyawan. Sidik jari manusia berbeda satu sama lain. Saudara kembar bahkan memiliki bentuk dan sidik jari yang berbeda pula. Karena banyaknya kelemahan mesin absensi manual kemudian penemu teknologi mulai menciptakan mesin absensi yang mendeteksi gambar dan pola sidik jari. Penggunaan jenis mesin absensi sidik jari mulai banyak digunakan sejak tahun 1997.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Fingerprint

Keuntungan menggunakan Mesin Sidik Jari

  1. Lebih cepat dan praktis. Seseorang dapat langsung membuktikan kehadirannya hanya dengan menempelkan jarinya pada layar pendeteksi.
  2. Data lebih akurat. Karena pola sidik jari setiap karyawan unik dan berbeda, maka data absensi akan lebih terjamin keakuratannya. Kecurangan yang biasanya terjadi dengan menitip kartu absen manual dapat dihilangkan.
  3. Kapasitas Besar. Mesin absensi sidik jari dapat menampung kapasitas data yang sangat besar. Hal ini sangat menguntungkan karena tidak perlu lagi pengunaan kartu absensi manual yang memakan banyak biaya.

Kekurangan Mesin Fingerprint

Kelemahan dan kekurangan mesin fingerprint adalah pada kondisi tertentu mesin ini dapat mengalami error atau lambat dalam mendeteksi sidik jari. Data yang disimpan dalam mesin berasal dari scan sidik jari yang dilakukan pada saat proses registrasi. Bila jari yang dideteksi berada dalam kondisi basah, berkeringat atau kotor maka proses pengenalan dapat sulit dilakukan. Karena mesin absensi sidik jari sangat sensitif, maka dapat berakibat lambatnya proses absensi karyawan suatu perusahaan.

Cara Kerja Mesin Fingeprint

Sistem mesin fingerprint memerlukan proses registrasi atau pendataan terlebih dahulu. Pada saat proses scan sidik jari data akan dimasukkan ke dalam sistem beserta identitas karyawan lainnya seperti nomor dan nama. Setelah proses registrasi, mesin telah dapat digunakan untuk absensi karyawan cukup dengan menempelkan jari yang digunakan pada saat registrasi pada layar scan yang telah tersedia. Selanjutnya software absensi karyawan pada mesin tersebut akan memproses dan menyimpan data. Output data dapat dilihat dengan menggunakan komputer oleh bagian HRD untuk memantau absensi karyawan.

Teknik pembacaan sidik jari oleh mesin absensi fingerprint yaitu dengan metode optik, ultrasonik, kapasitor dan termal. Cara pembacaan sidik jari dapat menggunakan beberapa teknik yang memiliki proses hampir sama yaitu :

  1. Scan atau pendaftaran sidik jari oleh mesin fingerprint.
  2. Analisa sidik jari tersebut diproses dan dibuatkan daftar pola sidik jari yang unik.
  3. Data tersebut kemudian disimpan dalam database atau memori mesin absensi.
  4. Pada saat absensi, pola sidik jari yang ditempelkan akan dicocokkan dengan hasil scan sidik jari saat proses pendaftaran.

Jenis Mesin Absensi

Macam-macam mesin absensi yang biasa digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Absensi Kartu (Mesin Absensi Ceklok)

    • Kelebihan: Harga mesin absensi murah, ukuran relatif kecil dan dapat digunakan tanpa menggunakan listrik .
    • Kekurangan mesin ceklok adalah mudah terhadap kecurangan seperti penitipan absen, memakan waktu lama untuk pendataan, dan kapasitas pengguna yang terbatas.
  2. Mesin Absensi Kartu Magnetik

    • Kelebihan: Pemakaian lebih cepat dan dapat terintegrasi dengan komputer
    • Kekurangan: kapasitas user terbatas dan mudah terjadi kecurangan
  3. Absensi melalui Website

    • Kelebihan: mudah diakses dari mana saja, simpel dan praktis.
    • Kekurangan absensi melalui website: sangat tergantung pada internet, bila koneksi terputus maka absensi tidak bisa dilakukan.
  4. Mesin Absensi Biometrik

    • Kelebihan mesin absensi biometrik adalah lebih praktis, terintegrasi dengan komputer sehingga sangat menghemat waktu untuk pendataan serta tingkat akurasi yang tinggi.
    • Kekurangan: harga mesin absensi mahal, sensor sangat sensitif sehingga mudah terjadi error pada saat proses pendeteksian.
  5. Mesin Fingeprint Digital

    • Kelebihan mesin fingerprint digital adalah pengolahan data absensi yang terintegrasi dengan komputer sehingga lebih cepat .
    • Kekurangan: cara absensi yaitu dengan memasukkan data ID karyawan atau PIN sehingga memakan waktu, kelemahan mesin absensi digital lainnya yaitu kadang terjadi karyawan yang lupa pada PIN-nya atau dapat terjadi penitipan absen.
  6. Mesin Absensi Fingerprint

    • Kelebihan mesin absensi fingerprint adalah cepat, akurasi tinggi, dan data dapat mudah diolah karena terintegrasi dengan komputer
    • Kekurangan: harga cukup mahal, sangat sensitif sehingga pembacaan sidik jari dapat tidak dikenali bila kondisi jari berbeda seperti pada proses registrasi awal

Manfaat Mesin Fingerprint Abensi

Mesin absensi sidik jari memiliki manfaat sebagai berikut yaitu :

  1. Mendata absensi karyawan.
    Manfaat mesin absensi adalah untuk mendata absensi karyawan. Bagi perusahaan skala menengah dan besar yang mempekerjakan puluhan atau ratusan karyawan adanya mesin absen akan memberikan kemudahan dalam mendata dan memantau kehadiran karyawan perusahaan. Hal ini dikhususkan. Proses absen akan dilakukan dengan mudah dan cepat dan dari data yang dihasilkan akan diketahui secara pasti kapan seorang karyawan masuk kantor dan kapan ia pulang. Karyawan yang sedang sakit, cuti, atau absen karena alasan lain tentu tidak akan ada datanya pada hari tersebut.Bila menggunakan kartu absen atau ID card manual, seorang karyawan bisa mengakali absensi dengan menitp kepada temannya, namun bila menggunakan mesin absensi biometrik yang mengidentifikasi ciri khusus karyawan seperti wajah, suara dan sidik maka tingkat kecurangan ini dapat diminimalisir.
  2. Mengetahui kinerja karyawan dengan melihat jam kerja.
    HRD perusahaan tentunya ingin mengetahui lama jam kerja dan absensi karyawan secara jelas dan akurat untuk mengetahui kinerja karyawan tersebut. Dari data yang masuk pada mesin absensi maka akan dengan mudah dihitung jam kerja karyawan yang bersangkutan.
  3. Mengetahui gaji yang harus dibayar berdasarkan absensi karyawan.
    Sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan, maka mesin absensi sangat bermanfaat untuk menghitung gaji atau upah karyawan yang bersangkutan. Perusahaan yang sangat memperhatikan pentingnya ketepatan waktu masuk dan pulang kantor akan dengan mudah menghitung gaji karyawan tersebut.Dengan bantuan aplikasi dan software absensi karyawan maka proses penghitungan gaji akan lebih akurat. Software absensi akan menguntungkan bagi perusahaan yang memiliki ratusan karyawan karena gaji pokok bahkan uang lembur dapat dihitung dengan lebih mudah.
  4. Akses kontrol pintu.
    Mesin fingerprint digital dan biometrik sangat bermanfaat untuk memberikan akses kontrol pintu pada ruangan kantor, gudang dsb. Beberapa ruangan tertentu yang menyimpan dokumen penting atau barang berharga dapat menggunakanaccess door agar hanya orang yang dipercaya bisa memasukinya.