Mesin Pengenal Wajah Membantu Kepolisian Memecahkan Kasus Kejahatan

Mesin Pengenal Wajah Membantu Kepolisian Memecahkan Kasus Kejahatan

Mesin Pengenal Wajah Merek Stealth

Pemerintah terus mengadopsi teknologi untuk meningkatkan keselamatan publik. Salah satunya adalah penggunaan teknologi mesin pengenal wajah untuk membantu tugas Kepolisian, Pemadam Kebakaran dan Layanan Darurat dalam melawan kejahatan dan melindungi masyarakat di Australia bagian utara. Dalam memilih teknologi mesin pengenal wajah, pemerintah setempat telah memilih sistem yang telah teruji memimili kinerja tertinggi dalam serangkaian tes yang dilakukan oleh badan standar teknologi di Amerika. Sistem pengenal wajah kini telah membantu Kepolisian setempat dalam mengidentifikasi ratusan orang yang terekam oleh kamera CCTV untuk keperluan investigasi.

Mesin Pengenal Wajah Membantu Kepolisian Memecahkan Kasus Kejahatan

Mesin Pengenal Wajah Merek StealthSetelah fase percobaan awal, pemerintah Australia Utara kemudian mengumumkan akan pindah ke tahap kedua yang memperluas penerapan teknologi pengenal wajah dalam memerangi kejahatan. Sistem baru ini memungkinkan personil di kepolisisan untuk mencari seseorang dengan cepat melalui database dari foto, rekaman CCTV, serta gambar yang diambil dari kamera video, drone dan ponsel. Keuntungan utama dari mesin pengenal wajah dibandingkan identifikasi dengan mesin sidik jari adalah bahwa gambar wajah seseorang dapat ditangkap dari jarak jauh tanpa perlu menyentuh orang yang sedang diidentifikasi.

Perangkat lunak pengenal wajah baru ini telah membantu polisi mengidentifikasi atau menghilangkan status tersangka. Sampai saat ini, software pengenal wajah yang digunakan telah membantu Polisi dalam mengidentifikasi lebih dari 300 orang dari berbagai kasus kejahatan seperti:

  • Seorang pria yang mencuri barang dari sebuah bangunan komersial, diidentifikasi oleh rekaman CCTV;
  • Seorang pria yang mencuri peralatan memancing dari toko, diidentifikasi dari rekaman CCTV;
  • Seorang pria yang secara tidak sah memasuki kampus sebuah universitas, diidentifikasi dari gambar yang diperoleh dari petugas keamanan; dan
  • Seorang pria yang masih belum sadar dan dirawat di Rumah Sakit karena kasus penganiayaan serius.

Seperti halnya mesin fingerprint, teknologi pengenal wajah adalah bentuk identifikasi yang memungkinkan komputer untuk dengan cepat mencari wajah yang mirip berdasarkan karakteristik wajah. Sistem pengenalan wajah memainkan peran kunci sebagai investasi Kepolisian dalam teknologi di perangkat genggam dan kamera pengambilan gambar. Saat ini ada 190 jaringan kamera yang dipantau oleh departemen polisi Unit CCTV. Selain itu juga digunakan unit mobile CCTV yang dapat dipindahkan sesuai kebutuhan untuk pengawasan acara-acara publik. Pemerintah setempat juga telah memberikan ribuan iPads ke petugas polisi dan memasang komunikasi satelit di 51 kendaraan polisi pada lokasi terpencil.

Mesin Pengenal Wajah Membantu Kepolisian Memecahkan Kasus Kejahatan

Sejauh ini sekitar 100.000 gambar telah disalin ke dalam sistem database polisi setempat. Rekaman atau foto yang diambil pada rekaman CCTV diserahkan kepada tim pengenalan wajah Kepolisian. Kemudian petugas memuat ke dalam sistem pengenalan wajah untuk analisis dan perbandingan dengan gambar yang sudah ada dalam database.

Mesin Pengenal Wajah Juga Berfungsi Untuk Meningkatkan Keselamatan Publik

Selama awal tahun 2015, polisi yang menggunakan sistem ini berhasil mengidentifikasi sekitar 300 orang dari foto dan rekaman CCTV. Identifikasi ini sangat membantu polisi memecahkan kejahatan dan mencegah ancaman terhadap keselamatan. Teknologi pengenal wajah ini membantu mengurangi waktu penyelidikan dengan memungkinkan detektif untuk dengan cepat mengidentifikasi atau mengesampingkan tersangka segera setelah kejahatan telah dilakukan.

Keuntungan lain mesin pengenal wajah juga telah membantu polisi untuk mengidentifikasi orang hilang, penderita Alzheimer atau masalah kesehatan lain agar segera mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan. Teknologi identifikasi biometrik termasuk identifikasi sidik jari dan pengenalan wajah, telah digunakan dalam sistem keamanan di lebih dari 40 negara di seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

div#stuning-header .dfd-stuning-header-bg-container {background-size: initial;background-position: top center;background-attachment: initial;background-repeat: initial;}#stuning-header div.page-title-inner {min-height: 650px;}
WhatsApp Chat us