Panduan Membeli Kamera CCTV Outdoor

Panduan Membeli Kamera CCTV Outdoor

Panduan Membeli Kamera CCTV Outdoor

Kamera CCTV outdoor adalah garis pertahanan pertama untuk melindungi rumah, properti dan merupakan bagian penting dari sistem keamanan rumah. Pengawasan luar ruangan akan memberikan jaminan bahwa apapun atau siapa pun yang mendekati properti Anda akan terlihat dan terekam. Pemantauan ini dapat dilakukan secara real time (langsung) dari monitor, dari jarak jauh melalui fitur remote view dari komputer/laptop atau layar ponsel pintar, juga bisa direkam secara digital sehingga dapat dilihat di lain waktu, jika diperlukan.

Selain membuat penyusup menjadi jera, keuntungan memiliki kamera CCTV outdoor adalah sebagai peringatan dini misalnya untuk mengetahui apa yang membuat suara aneh di luar atau siapa yang membunyikan bel pintu sebelum Anda membuka pintu. Hal ini akan memberi waktu bagi anda untuk bersiap menghadapi keadaan yang tidak diinginkan.

Dengan tingginya kemajuan teknologi saat ini, banyak sekali pilihan kamera CCTV yang dapat membuat kita bingung. Toko CCTV atau situs website CCTV masih banyak yang kurang menjelaskan berbagai istilah CCTV seperti infrared, DVR CMOS dan CCD sehingga sulit untuk dipahami. Itulah sebabnya kami menyiapkan panduan membeli CCTV ini untuk membantu pemilik rumah membuat pilihan terbaik untuk rumah dan keluarga anda.

Apakah Kamera CCTV Outdoor itu?

Kamera CCTV outdoor atau sistem pengawasan multi-kamera akan memonitor area luar ruangan yang Anda inginkan. Umumnya penempatan jenis kamera CCTV ini adalah di pintu masuk dan jalan masuk. Tapi kebutuhan setiap pemilik properti berlainan, sehingga penempatan akan tergantung pada beberapa variabel. Pada satu pemilik rumah mungkin hanya memasang kamera di pintu masuk tapi ada juga orang yang ingin memantau seluruh halaman mereka hingga ke garasi dan sudut-sudut taman.

Kamera pengintai outdoor tersedia dengan kamera yang menggunakan kabel atau wireless. CCTV outdoor hampir dapat ditempatkan di mana saja. Dengan DVR (perekam video digital) dan komputer atau monitor, semua gambar dari kamera dapat dilihat dari dalam rumah. Kamera juga dapat diintegrasikan ke dalam sistem keamanan rumah yang dapat memonitoring 24 jam penuh dalam sehari, siap untuk mengingatkan pemilik rumah dan membunyikan alarm dalam keadaan darurat. Selain itu pemantauan jarak jauh juga tersedia untuk pemilik rumah yang ingin melihat rekaman pada perangkat wireless seperti ponsel atau tablet. Banyak kamera yang mampu merekam dan menyimpan video sehingga dapat berfungsi sebagai bukti kejahatan bila terjadi tindakan kriminal.

Meskipun ada banyak kesamaan antara kamera CCTV indoor dan outdoor, kamera outdoor khusus dirancang dengan sudut pandang yang lebih lebar untuk mengawasi daerah yang lebih luas. Banyak kamera yang dilengkapi dengan fitur night vision untuk menangkap gambar atau video dalam kegelapan malam, dan juga dilengkapi housing pelindung tahan cuaca yang tangguh.

Bagaimana Kamera CCTV Bekerja

Dalam bahasa yang sederhana, instalasi kamera CCTV outdoor dapat menggunakan kabel atau nirkabel untuk memantau dan merekam wilayah di sekitar rumah dan properti. Kamera akan terhubung ke pusat kontrol melalui DVR atau jaringan wireless sehingga pemilik rumah dapat melihat dan mengakses semua kamera. Perekaman juga dilakukan jika menginginkan untuk mengakses video di lain waktu. Kamera outdoor biasanya diprogram untuk merekam pada waktu tertentu ketika mendeteksi adanya gerakan, atau sesuai dengan kebutuhan pemilik.

  1. Cara Kerja Kamera Analog

    Kebanyakan kamera di pasar CCTV saat ini adalah kamera analog yang mengandalkan perangkat lunak (software) pengawasan CCTV. Kamera yang terhubung ke DVR atau monitor ini memiliki lensa, Chip DSP (digital signal processing), dan housing pelindung. Kabel transmisi akan menghubungkan kamera ke Digital Video Recorder (DVR). DVR kemudian mengkompres video dan menyimpannya ke hard disk agar bisa diakses di lain waktu. Umumnya DVR juga memiliki kemampuan mengkonversi video analog ke format digital sehingga video dapat dilihat melalui internet dengan menggunakan webserver. DVR ini juga berguna untuk memprogram sistem keamanan rumah seperti mensetting alarm, notifikasi, dan juga kustom operasi yang terjadwal.

  2. Cara Kerja IP Camera

    IP Camera atau Network Surveillance Cameras adalah sistem pengawasan keamanan yang lebih mahal daripada kamera analog, tapi memiliki teknologi terbaru yang memungkinkan pilihan lebih banyak. Dalam jenis kamera CCTV outdoor ini, tidak perlu DVR terpisah karena kamera memiliki kemampuan ini yang terbangun langsung ke dalamnya. Kamera tidak hanya mampu menangkap gambar dan video tapi juga dapat mengompres dan mengkonversi ke format digital dan sehingga dapat dilihat melalui internet. Banyak kamera CCTV jaringan yang juga mampu menyimpan video langsung pada kartu SD. Jika kamera juga terhubung ke NVR (network video recorder = perekam video jaringan) maka anda dapat melakukan streaming video langsung dan perekaman pada NVR , komputer atau perangkat pintar. Resolusi tinggi adalah salah satu keunggulan dari jenis kamera ini tetapi membutuhkan bandwidth dan penyimpanan yang jauh lebih besar.

Fitur dan Jenis Kamera CCTV Outdoor

  1. Kamera Outdoor dengan kabel
    Umumnya membutuhkan tenaga instalasi CCTV profesional. Kabel yang sulit disembunyikan membuat adanya pengawasan dapat diketahui oleh penyusup sehingga ia akan mencoba untuk menghindari jangkauan kamera. Keunggulan tipe kamera ini yaitu gambar yang lebih jelas dari kamera wireless dan dapat lebih diandalkan untuk streaming. Tetapi kelemahan tipe kamera CCTV outdoor ini adalah pada kabelnya. Cuaca dan gangguan lain di luar ruangan dapat cepat merusak.
  2. Kamera CCTV Wireless
    Tipe Kamera ini cocok untuk instalasi outdoor karena praktis tanpa pemasangan kabel atau tergantung pada sumber listrik. Keunggulan kamera CCTV Wireless adalah dapat ditempatkan dimana saja, serbaguna, tidak mudah terdeteksi (tidak ada kabel yang terlihat), mudah untuk diinstal, dan dapat dengan mudah dipindahkan bila diperlukan.
  3. Kamera Warna atau Hitam Putih
    Kamera CCTV warna lebih mahal daripada kamera hitam putih, tetapi memberikan kualitas yang lebih tinggi pada hasil rekaman. Kelemahan kamera CCTV ini adalah saat mengidentifikasi penyusup. Kemampuan untuk mengenali pelaku seperti warna pakaian, kulit, mata dan rambut akan sulit dilakukan.
  4. Kamera dengan Lensa Lebar (Wide-Angle Lens Camera)
    Bila anda memiliki properti yang luas maka memilih kamera denga lensa sudut lebar dapat mengurangi jumlah kamera CCTV outdoor yang diperlukan. Daerah halaman belakang sangat ideal untuk jenis kamera wide angle ini karena dapat menjangkau area hingga 104 derajat dan jarak hingga 12 meter.
  5. Bullet Camera (Kamera Peluru)
    Dinamakan bullet camera karena bentuknya yang ramping seperti peluru. Kamera tipe ini sangat cocok untuk dipasang pada dinding atau langit-langit. Bullet Camera ideal ditempatkan pada pintu masuk atau pada teras yang hanya membutuhkan pengawasa pada satu arah saja. Kamera peluru biasanya memiliki tidak kemampuan untuk bergerak atau melakukan zoom. Bagi penyusup, kamera ini akan mudah untuk dihindari karena selalu melihat kearah yang sama.
  6. Dome Kamera
    Kamera berbentuk kubah ini cocok untuk pintu masuk namun ia akan langsung terlihat untuk siapa saja yang mendekatinya. Berbeda dengan jenis kamera peluru, penyusup akan lebih sulit mengetahui kemana kamera menunjuk. Pada tipe yang lebih baik yaitu speed dome camera, kamera dapat berputar cepat untuk menangkap bidang gambar yang lebih.
  7. Kamera Tersembunyi
    Kebalikan dari kamera dome yang jelas terlihat, jenis kamera tersumbinyi (kamuflase) disamarkan sebagai barang lain seperti jam, tanaman, kotak listrik, detektor asap dan lain-lain. Sebagai alternatif, kamera dapat disembunyikan di balik tanaman atau pohon agar tidak diketahui penyusup.
  8. Kamera Infrared / Night Vision Camera
    Tipe kamera ini memiliki kemampuan untuk menangkap gambar dan video dalam kegelapan malam berkat adanya LED inframerah. Fitur ini sangat diperlukan untuk sistem keamanan luar ruangan karena di waktu malam kemampuan ini akan membantu kita untuk merasa aman karena penyusup berpikir mereka bisa lolos dari pandangan kita.
  9. Kamera Tahan Cuaca (Weather Resistant Camera)
    Setiap kamera CCTV outdoor harus memiliki beberapa ketahanan terhadap cuaca dan gangguan luar ruangan lainnya. Tersedia model yang sesuai untuk setiap jenis iklim seperti hujan, salju, tempat bersuhu tinggi, atau berangin. Pelindung lensa diperlukan agar tidak terhalang oleh hujan. Selain itu juga tersedia kamera yang memiliki kontrol termostatik sehingga memungkinkan kamera untuk memanas atau mendingin sehingga mencegah kondensasi pada lensa yang dapat mengaburkan pandangan. Pertimbangkan juga kamera outdoor yang aman terhadap debu, serangga, sinar ultraviolet matahari dan juga tahan terhadap perusakan (vandal-proof camera).
  10. Day/Night Camera
    Karena tingkat cahaya pada siang hari dan dampak pencahayaan buatan di luar ruangan sering berubah, kamera CCTV outdoor harus mampu menyesuaikan diri dengan berbagai glare, refleksi, backlight, bayangan dan kegelapan pekat.
  11. Kamera PTZ (Pan, Tilt, Zoom)
    Ideal untuk area luar ruangan yang luas. Kamera CCTV PTZ memiliki kemampuan untuk bergerak dan menangkap sudut-sudut berbeda yang memberikan kemampuan beberapa kamera tetap (fixed-sight cameras). Sebuah kamera CCTV PTZ dapat diprogram atau dikendalikan oleh operator dari lokasi yang jauh.

Panduan Membeli Kamera CCTV Outdoor

Bagaimana cara memilih kamera CCTV outdoor untuk rumah Anda

Kebutuhan keamanan rumah setiap orang berbeda. Dan saat memilih kamera CCTV outdoor ada dua hal utama yang perlu diperhatikan pemilik rumah. Yang pertama adalah kebutuhan dari properti itu sendiri, dan yang kedua adalah kebutuhan pribadi atau keluarga. Keduanya berbeda tapi juga sering berpotongan sehingga memudahkan Anda untuk memilih.

Menilai Kebutuhan Berdasarkan Properti Yang Anda Miliki

Ketika menilai berdasarkan persyaratan keamanan properti umumnya aspek fisik tidak bisa ditawar lagi. Anda harus memperhatikan daerah luar di sekitar rumah Anda seperti bangunan, pohon, tanaman, dan benda-benda lain yang mungkin akan menghalangi pandangan. Berjalan-jalan lah di sekitar rumah atau properti anda dan ambil beberapa catatan. Lebih bijaksana jika melakukan hal ini bersama anggota keluarga lain, atau meminta pendapat orang lain sehingga Anda dapat membandingkan catatan dan pendapat.

Pahami semua jenis kamera CCTV outdoor yang telah kami uraikan dalam artikel CCTV ini. Lalu buatlah catatan apakah fitur tersebut akan mampu membantu melindungi properti Anda. Berdirilah di pintu masuk dengan punggung Anda menempel pada pintu. Apa yang anda lihat?. Apakah ada ruang terbuka lebar yang memungkinkan akses visual yang jelas?. Atau mungkin jalan masuk terhalang oleh adanya pohon, tanaman dan dedaunan dari taman anda?. Adanya garasi mungkin menghalangi sebagian dari pandangan Anda? Atau mungkin jalan masuk yang berliku membuat anda tidak dapat melihat seluruh area?. Perhatikan hal-hal seperti ini dan terus berjalan di sekitar rumah atau properti anda sampai daftar tersebut selesai. Berikut adalah beberapa contoh dari catatan serta solusi tipe kamera CCTV outdoor yang diperlukan:

  • Pintu masuk dengan teras depan yang terbuka menghadap ke jalan = Jenis kamera peluru (bullet camera) cocok untuk menjangkau area seperti ini.
  • Halaman yang terbuka luas = Kamera PTZ outdoor atau kamera dengan lensa wide cocok untuk pandangan yang lebih luas.
  • Pintu belakang yang tidak memiliki lampu = Kamera infrared/ night vision camera ideal untuk kondisi ini
  • Halaman yang memiliki jalan masuk yang panjang = tempatkan beberapa kamera pada jarak tertentu untuk dapat mengawasi seluruh area.
  • Rumah yang memiliki kemiringan berbeda atau berbukit-bukit = kamera wireless agar instalasi lebih mudah dalam mengakses daerah yang sulit dijangkau
  • Tidak ada lampu jalan di dekat rumah = kamera CCTV outdoor yang cocok adalah tipe kamera inframerah / night vision
  • Berada di tempat yang panas atau suhu dingin yang ekstrem = Kamera tahan cuaca yang spesifik tahan terhadap suhu tertentu

Menilai Kebutuhan Pribadi atau Keluarga

Pengawasan keamanan untuk rumah memiliki tingkat kebutuhan tertentu ketika dinilai berdasarkan rasa aman pribadi. Ini mungkin akan dipengaruhi oleh tingkat keamanan di lingkungan anda atau mungkin kelahiran anak dalam keluarga membuat anda membutuhkan sistem keamanan yang lebih baik. Apapun itu, penting untuk duduk bersama di dalam keluarga dan menentukan apa yang akan membuat semua orang merasa aman saat berada di luar atau ada potensi ancaman yang berasal dari luar. Beberapa aspek yang mungkin dapat masuk dalam daftar ini adalah sebagai berikut:

  • Kamera pada jalan masuk untuk melihat siapa yang sedang berada di depan pintu sebelum anda membukanya
  • Kamera ditempatkan pada pagar atau gerbang masuk untuk melihat pengunjung sebelum mereka berada dekat dengan rumah
  • Kamera lensa wide inframerah yang mampu melihat sekitar rumah pada malam hari yang gelap
  • Kamera tersembunyi di dekat garasi, workshop, atau tempat di mana barang-barang berharga disimpan
  • Kamera di dekat rumah hewan peliharaan untuk memantau binatang kesayangan anda
  • Kamera yang mampu diakses dari dalam rumah atau melalui komputer dan smartphone saat berada jauh di tempat kerja atau sedang bepergian

Walaupun tampaknya banyak yang perlu dipertimbangkan, lengkapi catatan anda dengan semua yang mungkin Anda butuhkan agar pilihan yang anda ambil tidak akan mengecewakan. Pemahaman dengan semua jenis kamera keamanan outdoor dan fitur-fiturnya, merek dan model kamera CCTV yang menyediakan fitur tersebut, serta daftar kebutuhan baik berdasarkan properti atau keluarga preferensi harus menjadi poin awal untuk memilih kamera CCTV outdoor yang tepat. Pastikan juga untuk memilih perusahaan CCTV berpengalaman dengan layanan pelanggan seperti garansi dan instalasi dan perbaikan. Anda dapat memeriksa review dan testimoni yang ada saat belanja CCTV online.

No Comments


    Please login to comment

    CONTACT

    Untuk pemesanan CCTV dan informasi lebih lanjut mengenai instalasi CCTV, anda dapat menghubungi kami di:

    Telp : +62 21 – 295 11 000
    Email : marketing@stealth.co.id
    WA : 0811 93 55 888
    PIN BB : CCTVMAN


    Facebook
    Twitter
    Google Plus

    CCTV News