Tips Agar Password HP Tidak Mudah di Hack

Tips Agar Password HP Tidak Mudah di Hack

Tips Agar Password HP Tidak Mudah di Hack

Tips Agar Password HP Tidak Mudah di Hack

Tips Agar Password HP Tidak Mudah di HackIPhone terbaru dan ponsel Samsung Galaxy memiliki ID sidik jari yang membuatnya lebih mudah untuk mengakses ponsel. Alih-alih mengetikkan empat digit kode akses setiap kalinya, Anda cukup menekan jari Anda pada tombol home. Bingung mengkombinasikan huruf besar dan kecil, angka, karakter khusus dalam password Anda? Atau anda kebingungan mengingat semua password untuk beragam social media dan website? Karena itulah tidak heran banyak yang tergoda untuk beralih menggunakan aplikasi dan layanan yang menjanjikan untuk menyimpan password Anda dengan mudah, baik pada perangkat Anda atau secara online. Yang perlu diingat adalah password master Anda.

Tapi aplikasi password manajer tersebut adalah peti harta karun bagi para hacker. Jika password master Anda diketahui, maka semua account Anda berpotensi hilang atau disalahgunakan. Layanan yang menyimpan data password secara online sangat merepotkan karena lebih mudah dipecahkan bagi para hacker.

LastPass yang menawarkan layanan menyimpan beberapa password dalam bentuk terenkripsi, mengatakan telah mendeteksi adanya “aktivitas yang mencurigakan.” Meskipun mereka mengatakan tidak menemukan bukti bahwa password individu atau account pengguna telah di curi, mereka menganjurkan pengguna untuk mengubah password master LastPass mereka. Kami menyarankan para pembaca artikel ini untuk menggunakan sistem yang lebih baik sebagai gantinya, yang tidak hanya mengandalkan pada password saja. Berikut adalah beberapa tips berinternet yang aman:

Tips Aman Berinternet Agar Password Tidak Mudah di Hack

SEMUA AKUN TIDAKLAH SAMA

Tips aman berinternet agar password tidak mudah di hack. Daripada harus mengingat puluhan password yang kompleks, mungkin Anda hanya perlu mengingat beberapa saja. Fokuslah pada akun yang benar-benar penting seperti rekening Bank, layanan belanja dengan informasi kartu kredit serta email. Akun email sangat penting karena mereka adalah pintu utama untuk reset password untuk layanan lainnya, seperti akun layanan berbelanja online.

Anda tidak perlu khawatir tentang password pada forum diskusi atau situs berita. Mungkin ada rasa malu bila seseorang posting sesuatu atas nama Anda, tapi jelas tidak sama bila ia mencuri jutaan rupiah dari rekening anda. Namun jika suatu forum diskusi sangat penting bagi anda, dan Anda telah membangun reputasi yang baik dengan user tertentu, anda juga dapat memprioritaskannya. Pemikiran yang sama juga berlaku untuk akun sosial-media seperti Facebook dan Twitter.

Untuk sisa akun lainnya, anda mungkin bisa menggunakan password manager, tapi mungkin juga tidak diperlukan. Web browser dari Apple dan Google telah memiliki mekanisme built-in untuk menyimpan password yang sering digunakan. Anda bahkan memiliki pilihan sinkronisasi secara online jika Anda menggunakan beberapa perangkat. Fitur baru Smart Lock dari Google juga dapat digunakan untuk aplikasi Android, sehingga tidak terbatas pada saat browsing Web saja. Banyak layanan yang juga membantu Anda masuk dengan akun Facebook atau ID lain, bukan membuat password baru setiap kali. Namun pastikan layanan ID menawarkan 2 langkah verifikasi.

Sekali lagi, gunakan ini hanya untuk account Anda yang kurang penting. Untuk yang sangat sensitif, pilihlah password yang unik dan ingat-ingat dengan baik. Tulis tangan dan simpan di tempat yang aman. Jika Anda harus menyimpannya secara elektronik, gunakan file yang dilindungi sandi dan simpan pada perangkat Anda. Jangan simpan secara online.

TELEPON DAN SIDIK JARI

Jika Anda belum melindungi hape Anda dengan kode akses, seseorang dapat dengan mudah menggunakan ponsel Anda dan mendapatkan account email untuk membuka bermacam akun lainnya. Untungnya, iPhone terbaru dan ponsel Samsung Galaxy memiliki ID sidik jari yang membuatnya lebih mudah untuk membuka ponsel. Alih-alih mengetikkan kode akses empat digit setiap kali, Anda cukup menekan jari Anda pada tombol home.

Apple kini memungkinkan pengembang aplikasi lain untuk menggunakan ID fingerprint. Jadi Anda dapat membuka aplikasi perbankan hanya dengan ketukan jari Anda. Dalam update Android mendatang, Google juga menjanjikan untuk memudahkan bagi para pembuat aplikasi untuk memasukkan ID sidik jari. Dan Microsoft berencana membuat dukungan untuk biometrik seperti mesin sidik jari atau iris scan – di sistem Windows 10 mendatang.

KEAMANAN GANDA

Layanan seperti Apple, Google, Facebook, Microsoft dan Dropbox menawarkan otentikasi lapis kedua, biasanya dalam bentuk kode numerik yang dikirim sebagai pesan teks. Setelah Anda memasukkan password biasa Anda, Anda harus mengetik kode yang diterima di ponsel untuk memverifikasi bahwa yang log-in itu benar-benar Anda. Seorang hacker tidak akan memiliki akses ke telepon Anda. Anda perlu mensetting di pengaturan akun untuk menyalakannya fitur ini, yang biasa disebut dua langkah verifikasi. Hal ini memang merepotkan tapi akan membuat account Anda lebih aman. Lapisan tambahan ini akan menjaga hacker jauh dari akun berharga anda.

Ketika ada beberapa pilihan, masuklah dengan nomor ponsel Anda daripada alamat email. Hal ini karena jauh lebih mudah untuk meng-hack akun email untuk me-reset password. Tentu saja, Anda harus percaya layanan tidak menggunakan nomor ponsel Anda untuk pemasaran. Dalam banyak kasus, anda juga dapat menggunakan email – tentunya dengan verifikasi dua langkah. Berhati-hatilah saat membuat pertanyaan keamanan untuk me-reset password. Nama hewan peliharaan? Sekolah pertama Anda? Ini adalah hal yang mudah ditemukan bila orang melihat profil pada halaman media sosial atau tempat lain secara online.

Tinggalkan Balasan

div#stuning-header .dfd-stuning-header-bg-container {background-size: initial;background-position: top center;background-attachment: initial;background-repeat: initial;}#stuning-header div.page-title-inner {min-height: 650px;}
WhatsApp Chat us