Tips Aman Tinggal di Apartemen

Tips Aman Tinggal di Apartemen

Tips Aman Tinggal di Apartemen

Tips Aman Tinggal di Apartemen

Kita mungkin pernah mendengar cerita-cerita kriminal di apartemen dalam berita. Orang-orang yang dibuntuti hingga ke dalam lift dan tangga. Pencurian, perampokan hingga tindak kejahatan yang lebih menyeramkan lainnya. Bahkan orang lanjut usia juga menjadi target aksi kejahatan di apartemen. Akibatnya mungkin banyak penghuni apartemen menjadi paranoid. Mereka takut para penjahat sedang mengintai di setiap sudut. Jika sistem alarm atau hewan peliharaan seperti anjing bukanlah pilihan, berikut beberapa tips aman tinggal di apartemen atau kondominium.

  • Kunci

    Ketika pindah ke apartemen baru, sebagai langkah pencegahan ubahlah semua kunci pintu. Atau anda bisa menyuruh tukang kunci memasang kunci tambahan atau gerendel di setiap pintu. Hal ini untuk mencegah akses ke apartemen Anda oleh penyewa sebelumnya dengan kunci serep. Juga pastikan semua kunci jendela bekerja dengan baik. Tidak seperti penyewa apartemen, pemilik kondominium memiliki berbagai macam kunci yang dapat mereka pilih. Saat mengganti kunci pilihlah produsen yang terkenal handal, apakah Anda memutuskan untuk memilih kunci tradisional atau kunci mekanik berteknologi tinggi.

    Jangan pernah meninggalkan rumah tanpa mengunci pintu Anda. Beberapa orang bahkan mengunci pintu dan jendela kamar tidur sebelum meninggalkan rumah. Balkon apartemen bisa menjadi akses yang cukup mudah untuk dimasuki. Jika apartemen atau kondominium anda memiliki balkon, pastikan terkunci dengan aman.

  • Kenali Tetangga Anda

    Mungkin anda kesulitan mengenali sesama penyewa apartemen dengan begitu banyak orang yang datang dan keluar. Mengenal tetangga Anda bisa bermanfaat dalam waktu jangka panjang. Tetangga yang mengenali anda dan anggota keluarga yang tinggal bersama anda akan segera menghubungi pihak berwenang jika melihat orang asing berusaha untuk masuk ke tempat Anda.

  • Nama

    Jangan menuliskan nama lengkap Anda pada kotak surat atau pada direktori interkom. Terutama jika Anda seorang wanita yang tinggal sendirian. Gunakan inisial pada nama pertama dan nama terakhir Anda, atau hanya gunakan nama terakhir saja.

  • Jangan memasukkan seseorang yang tidak anda kenal. Anda bisa membiarkan seorang pencuri masuk ke dalam gedung apartemen.
  • Jangan secara terbuka berbicara tentang gadget terbaru atau aset yang Anda miliki. Anda tidak akan pernah tahu siapa yang mungkin ikut mendengarkan.
  • Jangan membuka pintu ketika seseorang mengetuk tanpa mengetahui siapa yang sedang berada di depan pintu. Selalu cek terlebih dahulu melalui lubang intip. Seorang tukang listrik, tukang ledeng, dll yang tiba-tiba muncul seharusnya tidak diperbolehkan masuk ke gedung apartemen Anda. Jika mereka tidak dapat membuktikan legitimasi identitas mereka, segera telepon polisi atau security. Langkah pencegahan lebih baik daripada penyesalan di kemudian hari.
  • Waspadalah terhadap lingkungan Anda.

Tips Aman Tinggal di Apartemen

Tinggalkan Balasan

div#stuning-header .dfd-stuning-header-bg-container {background-size: initial;background-position: top center;background-attachment: initial;background-repeat: initial;}#stuning-header div.page-title-inner {min-height: 650px;}
WhatsApp Chat us