Tips Cara Mencegah Pencurian Data Identitas Pribadi di Internet

Tips Cara Mencegah Pencurian Data Identitas Pribadi di Internet

Tips Cara Mencegah Pencurian Data Identitas Pribadi di Internet

6 Tips Cara Mencegah Pencurian Data Identitas Pribadi di Internet

Penjahat terus menjadi lebih pintar dengan modus kejahatan yang jauh lebih sulit untuk dideteksi. Pencurian data identitas pribadi akhir-akhir ini semakin banyak dan akan terus berkembang kecuali kita mulai melindungi diri kita sendiri. Berikut 8 tips yang akan membantu anda melindungi diri terhadap pencurian data identitas pribadi di Internet.

Tips Cara Mencegah Pencurian Data Identitas Pribadi di Internet

  1. Monitor Laporan Keuangan Anda

    Ini adalah hal nomor satu yang paling penting untuk melindungi diri terhadap pencurian identitas pribadi secara online dan offline. Memperhatikan dengan seksama apa yang terjadi dengan rekening bank, tabungan, kartu kredit, akan memberitahu apakah account Anda telah dibobol.

  2. Lindungi Komputer, laptop dan smartphone Dengan Layanan Perlindungan Pencurian Identitas

    Melindungi komputer Anda sangat penting. Bila tidak pencuri identitas dan hacker bisa masuk dan mengambil informasi dari komputer Anda. Virus akan mengirimkan informasi pribadi Anda dan menghancurkan sistem komputer. Bila anda tidak lekas mengambil langkah preventif bisa saja uang dalam rekening anda akan berpindah tempat atau tagihan kartu kredit anda melonjak tinggi di akhir bulan.
    Tidak pernah ada jaminan 100% bahwa software anti virus dan malware terbaik akan mampu mencegah pencurian identitas pribadi anda di internet. Tetapi seperti pepatah pencegahan selalu lebih baik. Internet adalah tempat yang bagus untuk mencari informasi, berbelanja, dan bersosialisasi. Pastikan data informasi yang anda berikan  tetap aman. Anda dapat menemukan beberapa penawaran layanan internet security, antivirus dan malware yang baik. Beberapa software bahkan menawarkan uji coba gratis hingga 30 hari.

  3. Sandi Password dan Nomor Identifikasi Pribadi (PIN)

    Password dan PIN adalah data yang tidak boleh diberikan kepada siapa pun juga, terutama untuk bertransaksi online. Tidak ada alasan bagi orang lain untuk merasa perlu mengetahui password atau nomor PIN Anda. Itu sebabnya PIN  disebut sebagai Personal Identification Number (Nomor Identifikasi pribadi. Nomor CVC yang ada di belakang kartu kredit Anda juga termasuk ke dalam kategori PIN juga. Ketika membeli barang melalui telepon atau online tanpa angka-angka tersebut maka transaksi tidak dapat dilakukan.

  4.  Hancurkan Semua Informasi Pribadi ketika selesai menggunakannya

    Jangan pernah membuang dokumen pribadi di tempat sampah, tanpa merusaknya terlebih dahulu. Pencuri dapat menggunakan potongan-potongan kertas berisi informasi Anda.Informasi seperti nama jalan di mana Anda tinggal di tinggal, nama ibu Anda, ulang tahun harus anda rahasiakan.

  5. Telepon yang Meminta Identifikasi

    Ketika seseorang menelepon dan meminta informasi dari Anda, pintalah nama dan telepon mereka. Kemudian coba hubungi mereka kembali untuk memastikan bahwa Anda benar-benar berhubungan dengan pihak yang berwenang dan bukan penipu.

  6. Waspadalah terhadap Cara-cara Baru

    Internet penuh dengan berbagai macam informasi. Setiap hari ada website yang mungkin berisi informasi tentang cara pencuri mendapatkan apa yang mereka butuhkan untuk menghancurkan korbannya. Buatlah bisnis Anda tetap up-to-date dengan sistem keamanan terbaru agar tetap selangkah lebih maju dari mereka.

Tinggalkan Balasan

div#stuning-header .dfd-stuning-header-bg-container {background-size: initial;background-position: top center;background-attachment: initial;background-repeat: initial;}#stuning-header div.page-title-inner {min-height: 650px;}
WhatsApp Chat us