Sejarah Komputer, Manfaat & Perkembangannya

Sejarah Komputer, Manfaat & Perkembangannya – Komputer ialah alat yang digunakan untuk memproses data menurut proses yang sudah dirumuskan. Kata komputer sebelumnya dipakai untuk memvisualisasikan orang yang perkerjaannya lakukan penghitungan aritmatika, tanpa atau dengan alat tolong, tapi makna kata ini selanjutnya dipindah ke mesin tersebut. Asal awalnya, pemrosesan info nyaris terbatas terkait dengan permasalahan aritmatika, tapi komputer kekinian digunakan untuk banyak pekerjaan yang tidak terkait dengan matematika.

Dalam pengertian semacam itu ada alat seperti slide rule, tipe kalkulator teknisi dimulai dari abakus dan sebagainya, sampai semua komputer electronic yang kontemporer. Istilah lebih bagus yang pas untuk makna luas seperti “komputer” ialah “yang mengolah info” atau “mekanisme pengolah info.” Sekarang ini, komputer telah makin hebat. Tapi, awalnya komputer tidak sekecil, sehebat, sekeren dan semudah sekarang ini. Dalam Sejarah Komputer, Manfaat & Perkembangannya, ada 5 angkatan dalam Sejarah Komputer, Manfaat & Perkembangannya.

Sejarah Angkatan Komputer, Manfaat & Perkembangannya

Angkatan Pertama

Dengan berlangsungnya Perang Dunia Ke-2 , beberapa negara yang turut serta dalam perang itu usaha meningkatkan komputer untuk mengeksploit kekuatan vital yang dipunyai komputer. Ini tingkatkan permodalan peningkatan komputer dan percepat perkembangan tehnik komputer. Di tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membuat sebuah komputer, Z3, untuk membuat desain pesawat terbang dan peluru kendalian.

Faksi sekutu membuat perkembangan lain dalam peningkatan kemampuan komputer. Tahun 1943, faksi Inggris menuntaskan komputer pemecah code rahasia yang diberi nama Colossus untuk pecahkan code rahasia yang dipakai Jerman. Imbas pembikinan Colossus tidak begitu memengaruhi perubahan industri komputer karena dua argumen. Pertama, Colossus bukan komputer serbaguna (general-purpose computer), dia cuman dibuat untuk pecahkan code rahasia. Ke-2 , kehadiran mesin ini dijaga kerahasiaannya sampai satu dasawarsa sesudah perang usai.

Usaha yang sudah dilakukan oleh faksi Amerika pada waktu itu hasilkan satu perkembangan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, sukses menghasilkan kalkulator electronic untuk US Navy. Kalkulator itu memiliki ukuran panjang 1/2 lapangan bola kaki dan mempunyai bentang kabel sejauh 500 mil.

The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, sebagai komputer relai electronic. Dia memakai signal elektromagnetik untuk gerakkan elemen teknisi. Mesin itu beropreasi dengan lamban (dia memerlukan 3-5 detik untuk tiap penghitungan) dan tidak fleksibel (posisi hitung tidak bisa diganti). Kalkulator itu bisa lakukan penghitungan aritmatik dasar dan kesamaan yang lebih kompleks.

Perubahan komputer lain pada saat ini ialah Elektronik Numerical Integrator and Komputer (ENIAC), yang dibikin oleh kerja sama di antara pemerintahan Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terbagi dalam 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan lima juta titik solder, komputer itu sebagai mesin yang besar sekali yang konsumsi daya sejumlah 160kW.

Komputer ini direncanakan oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC sebagai komputer serbaguna (general purpose komputer) yang bekerja 1000 kali bisa lebih cepat dibanding Mark I.

Pada tengah 1940-an, John von Neumann (1903-1957) tergabung dengan team University of Pennsylvania dalam usaha membuat ide design komputer yang sampai 40 tahun kedepan masih digunakan dalam tehnik komputer. Von Neumann membuat desain Elektronik Discrete Variable Automatic Komputer (EDVAC) di tahun 1945 dengan sebuah memory untuk memuat baik program atau data.

Tehnik ini memungkinkannya komputer untuk stop di suatu saat dan meneruskan kerjanya kembali. Kunci khusus arsitektur von Neumann ialah unit pemrosesan sentra (CPU), yang memungkinkannya semua peranan komputer untuk dikoordinasikan lewat sebuah sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Komputer I) yang dibikin oleh Remington Rand, jadi komputer komersil pertama kali yang manfaatkan mode arsitektur Von Neumann itu.

Baik Tubuh Sensus Amerika Serikat dan General Electric mempunyai UNIVAC. Salah satunya hasil mengagumkan yang diraih oleh UNIVAC dalah kesuksesannya dalam meramalkan kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pilpres tahun 1952.

Komputer Angkatan pertama dikarakteristik dengan bukti jika perintah operasi dibikin secara detil untuk satu pekerjaan tertentu. Tiap komputer mempunyai program code biner yang lain yang disebutkan “bahasa mesin” (machine language). Ini mengakibatkan komputer susah untuk diprogram dan batasi kecepatannya. Ciri-ciri lain komputer angkatan pertama ialah pemakaian tube vakum (yang membuat komputer pada periode itu memiliki ukuran besar sekali) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

Angkatan Ke-2

Di tahun 1948, penemuan transistor benar-benar memengaruhi perubahan komputer. Transistor gantikan tube vakum di tv, radio, dan komputer. Mengakibatkan, ukuran beberapa mesin elektrik menyusut mencolok.

Transistor mulai dipakai dalam komputer mulai di tahun 1956. Penemuan yang lain berbentuk peningkatan memory inti-magnetik menolong peningkatan komputer angkatan ke-2 yang lebih kecil, bisa lebih cepat, dapat lebih dihandalkan, serta lebih irit energi dibandingkan beberapa perintisnya. Mesin pertama kali yang manfaatkan tehnologi baru ini ialah superkomputer. IBM membuat superkomputer namanya Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer namanya LARC.

Komputer-komputer ini, yang diperkembangkan untuk laboratorium energi atom, bisa tangani sebagian besar data, sebuah kekuatan yang paling diperlukan oleh periset atom. Mesin itu benar-benar mahal dan condong terlampau kompleks untuk keperluan komputasi usaha, hingga batasi ketenarannya. Cuman ada dua LARC yang sempat terpasang dan dipakai: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lain di US Navy Research and Development Center di [[Washington D.C. Komputer angkatan ke-2 gantikan bahasa mesin dalam bahasa assembly. Bahasa assembly ialah bahasa yang memakai singkatan-singakatan untuk gantikan code biner.

Di awal 1960-an, mulai banyak muncul komputer angkatan ke-2 yang sukses di bagian usaha, di kampus, dan di pemerintah. Komputer-komputer angkatan ke-2 ini sebagai komputer yang seutuhnya memakai transistor. Mereka mempunyai beberapa komponen yang bisa diasumsikan dengan komputer pada sekarang ini: printer, penyimpanan dalam disket, memori, mekanisme operasi, dan program.

Salah satunya contoh penting komputer pada periode ini ialah IBM 1401 yang diterima secara luas di kelompok industri. Di tahun 1965, sebagian besar bisnis-bisnis besar memakai komputer angkatan ke-2 untuk mengolah info keuangan.

Program yang ada dalam komputer dan bahasa pemrograman yang berada di dalamnya memberi elastisitas ke komputer. Elastisitas ini tingkatkan performa pada harga yang patut untuk pemakaian usaha. Dengan ide ini, komputer bisa cetak faktur pembelian customer dan jalankan design produk atau hitung daftar upah. Beberapa bahasa pemrograman mulai banyak muncul pada waktu itu.

Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formulasi Translator (FORTRAN) mulai umum dipakai. Bahasa pemrograman ini gantikan code mesin yang sulit dengan kalimat, kalimat, dan formulasi matematika yang lebih gampang dimengerti oleh manusia. Ini mempermudah seorang untuk memprogram dan atur komputer. Beragam jenis karier baru banyak muncul (programmer, riset mekanisme, dan pakar mekanisme komputer). Industri perangkat lunak mulai banyak muncul dan berkembang pada periode komputer angkatan ke-2 ini.

Angkatan Ke-3

Meskipun transistor dalam beberapa hal melampaui tube vakum, tetapi transistor hasilkan panas yang lumayan besar, yang bisa mempunyai potensi menghancurkan beberapa bagian intern komputer. Batu kuarsa (quartz rock) hilangkan permasalahan ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrumen, meningkatkan circuit terpadu (IC: integrated sirkuit) pada tahun 1958. IC mengombinasikan tiga elemen electronic dalam sebuah piringan silikon kecil yang dibuat dari pasir kuarsa.

Pada periset selanjutnya sukses masukkan semakin banyak beberapa komponen ke satu chip tunggal yang disebutkan semikonduktor. Hasilnya, komputer jadi makin kecil karena beberapa komponen bisa dipadatkan dalam chip. Perkembangan komputer angkatan ke-3 yang lain ialah pemakaian mekanisme operasi (operating sistem) yang memungkinkannya mesin untuk jalankan beragam program yang lain secara serempak dengan sebuah program khusus yang memantau dan mengkoordinasi memory komputer.

Angkatan Ke-4

Sesudah IC, arah peningkatan jadi lebih terang: memperkecil ukuran circuit dan beberapa komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) bisa berisi beberapa ratus elemen dalam sebuah chip. Di tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) berisi beberapa ribu elemen dalam sebuah chip tunggal.

Ultra-Large Scale Integration (ULSI) tingkatkan jumlah itu jadi juta-an. Kekuatan untuk memasangkan sebegitu banyak elemen pada suatu keping yang berukurang 1/2 keping uang logam menggerakkan menurunnya harga dan ukuran komputer. Hal itu tingkatkan daya kerja, efektivitas dan keterandalan komputer.

Chip Intel 4004 yang dibikin di tahun 1971 bawa perkembangan pada IC dengan menempatkan semua elemen dari sebuah komputer (central processing unit, memory, dan kendalian input/output) dalam sebuah chip yang paling kecil. Awalnya, IC dibikin untuk kerjakan satu pekerjaan tertentu yang detil. Saat ini, sebuah mikroprosesor bisa dibuat dan diprogram untuk penuhi semua keperluan yang diharapkan. Selang beberapa saat, tiap perangkat rumah tangga seperti microwave, oven, tv, dan mobil dengan elektronik fuel injection (EFI) diperlengkapi dengan mikroprosesor.

Perubahan yang begitu memungkinkannya beberapa orang biasa untuk memakai komputer biasa. Komputer tak lagi jadi supremasi beberapa perusahaan besar atau badan pemerintahan. Pada tengah tahun 1970-an, perakit komputer tawarkan produk komputer mereka ke warga umum.

Komputer-komputer ini, yang disebutkan minikomputer, dipasarkan dengan paket perangkat lunak yang gampang dipakai oleh kelompok pemula. Perangkat lunak yang terpopuler pada waktu itu ialah program word processing dan spreadsheet. Di awal 1980-an, video games seperti Atari 2600 mengundang perhatian customer pada komputer rumahan yang lebih hebat dan bisa diprogram.

Di tahun 1981, IBM mengenalkan pemakaian Individual Komputer (PC) untuk pemakaian di dalam rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang dipakai naik dari dua juta unit pada tahun 1981 jadi 5,lima juta unit pada tahun 1982. 10 tahun selanjutnya, 65 juta PC dipakai. Komputer meneruskan evolusinya ke arah ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang ada di atas meja (desktop komputer) jadi komputer yang bisa ditempatkan ke tas (netbook), atau bahkan juga komputer yang bisa dipegang (palmtop).

Baca Juga : Macam – Macam Jaringan Internet di Indonesia

IBM PC berkompetisi dengan Apple Macintosh dalam merebutkan pasar komputer. Apple Macintosh jadi populer karena mempopulerkan mekanisme grafis pada komputernya, sementara rivalnya masih memakai komputer yang berbasiskan text. Macintosh mempopulerkan pemakaian perangkat mouse.

Pada masa kini, kita mengenali perjalanan IBM compatible dengan penggunaan CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Seri dari CPU bikinan Intel). kita mengenal AMD k6, Athlon, dll. Ini semua masuk ke kelompok komputer angkatan ke-4.

Bersamaan dengan tumbuh suburnya pemakaian komputer pada tempat kerja, beberapa cara baru untuk mengeruk prospektif terus diperkembangkan. Bersamaan dengan semakin bertambah kuatnya satu komputer kecil, komputer-komputer itu bisa disambungkan secara bertepatan pada suatu jaringan untuk sama-sama share memory, perangkat lunak, info, dan agar bisa sama-sama berbicara satu sama yang lain. Jaringan komputer memungkinkannya komputer tunggal untuk membuat kerja sama electronic untuk menuntaskan satu proses pekerjaan. Dengan memakai perkabelan langsung (disebutkan Local Tempat Network atau LAN), atau kabel telephone, jaringan ini dapat mengalami perkembangan jadi besar sekali.

Angkatan Ke-5

Mendeskripsikan komputer angkatan ke-5 jadi cukup susah karena tahapan ini masih muda. Contoh imajinatif komputer angkatan ke-5 ialah komputer fiksi HAL9000 dari novel kreasi Arthur C. Clarke dengan judul 2001: Ruang Odyssey. HAL tampilkan semua peranan yang diharapkan dari sebuah komputer angkatan ke-5. Dengan kepandaian bikinan (artificial intelligence atau AI), HAL cukup mempunyai logika untuk lakukan percapakan dengan manusia, memakai saran visual, dan belajar dari kisah hidupnya sendiri.

Meskipun kemungkinan aktualisasi HAL9000 masihlah jauh dari realita, banyak beberapa fungsi yang dipunyainya telah diwujudkan. Beberapa komputer bisa terima perintah secara lisan dan sanggup mengikuti logika manusia. Kekuatan untuk menterjemahkan bahasa asing jadi mungkin. Sarana ini terlihat simpel. Tetapi sarana itu jadi lebih sulit dari yang diperhitungkan saat programmer mengetahui jika pengertia manusia benar-benar tergantung pada kerangka dan pengertian daripada sekadar menterjemahkan kalimat langsung.

Banyak perkembangan di bagian design komputer dan tehnologi semkain memungkinkannya pembikinan komputer angkatan ke-5. Dua perkembangan eksperimen yang khususnya ialah kekuatan pemrosesan paralel, yang hendak gantikan mode non Neumann. Mode non Neumann akan diganti dengan mekanisme yang sanggup mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serentak. Perkembangan lain ialah tehnologi superkonduktor yang memungkinkannya saluran elektrik tanpa kendala apa saja, yang nanti bisa percepat kecepatan info.

Jepang ialah negara yang populer dalam publikasi slogan dan project komputer angkatan ke-5. Instansi ICOT (Institute for new Komputer Technology) dibuat untuk mewujudkannya. Banyak berita yang mengatakan jika project ini sudah tidak berhasil, tetapi informasi-informasi lain jika kesuksesan project komputer angkatan ke-5 ini akan bawa peralihan baru pola komputerisasi di dunia.

Pengertian I/O Piranti

Unit Input/Output (I/O) ialah sisi dari mekanisme mikroprosesor yang dipakai oleh mikroprosesor itu untuk terkait dengan dunia luar.

Unit input ialah unit luar yang dipakai untuk masukkan data di luar ke mikroprosesor ini, misalnya data yang dari keyboard atau mouse. Sementara unit output umumnya dipakai untuk tampilkan data, atau dalam kata lain untuk tangkap data yang dikirim oleh mikroprosesor, misalnya data yang hendak diperlihatkan pada monitor monitor atau printer.

Sisi input (saran) dan keluaran (output) ini membutuhkan signal kontrol, diantaranya untuk baca I/O (Input/Ouput Read [IOR]) dan untuk catat I/O (Input/Output Write [IOW]).

Port I/O yang memiliki arti gerbang connector Input/Output pada komputer, sama dalam keyboard, mouse paralel/seri atau USB. Sediakan jaringan untuk perangkat external seperti camera digital, printer dan scanner.

Contoh I/O Piranti

Papan tulis (bahasa Inggris: keyboard) atau kibor ialah perangkat untuk menulis atau masukkan huruf, angka, atau lambang tertentu ke piranti lunak atau mekanisme operasi yang digerakkan oleh komputer.

Papan tulis terdiri dari beberapa tombol berupa kotak dengan huruf, angka, atau lambang yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa mekanisme operasi, jika dua tombol didesak secara bertepatan, maka munculkan peranan khusus atau pintasan yang sudah ditata awalnya.

Ada beragam tipe tatanan letak tombol pada papan tulis. Namun, yang terpopuler dan umum dipakai ialah tatanan letak QWERTY, mengikuti mekanisme tatanan letak mesin tik.

Papan tulis type baru umumnya memiliki tombol tambahan di atas tombol peranan (F1, F2, dst.) untuk memudahkan pemakai dalam menjalankan komputer. Disamping itu, papan tulis baru telah banyak yang memberikan dukungan tehnologi nirkabel.

Mouse

Mouse ialah alat yang dipakai untuk masukkan data ke komputer selainnya papan tulis. Tetikus mendapat nama begitu karena kabel yang menjulur seperti ekor tikus.

Mouse pertama kalinya dibikin di tahun 1963 oleh Douglas Engelbart dengan bahan kayu dengan 1 tombol. Mode ke-2 telah diperlengkapi dengan 3 tombol. Di tahun 1970, Douglas Engelbart mengenalkan mouse yang bisa ketahui status X-Y pada monitor komputer, mouse ini dikenali bernama X-Y Position Indicator (tanda status X-Y).

Wujud mouse yang umum memiliki dua tombol, masing-masing di samping atas kiri dan atas kanan yang bisa didesak. Walau begitu, komputer-komputer berbasiskan Macintosh umumnya memakai mouse satu tombol.

Mouse bekerja dengan tangkap pergerakan memakai bola yang sentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih kekinian tidak memakai bola kembali, tapi memakai cahaya optikal untuk mengetahui pergerakan. Disamping itu, ada juga yang telah memakai tehnologi nirkabel, baik yang berbasiskan radio, cahaya inframerah, atau bluetooth.

Sekarang ini, tehnologi terkini telah memungkinkannya tetikus menggunakan mekanisme laser hingga resolusinya bisa capai 2.000 titik per inch (dpi), bahkan juga ada yang dapat capai 4.800 titik per inch. Umumnya tetikus mode ini ditujukan untuk fans permainan video.

Printer

Printer atau pembuat ialah alat yang tampilkan data berbentuk cetakan, baik berbentuk text atau gambar/diagram, di atas kertas. Printer umumnya terdiri atas bagian-bagian, yakni picker sebagai alat ambil kertas dari tray.

Tray adalah tempat menyimpan kertas. Tinta atau toner ialah alat pembuat sebenarnya, karena ada suatu hal yang disebutkan tinta atau toner yang dipakai untuk menulis pada kertas. Ketidaksamaan toner dan tinta adalah ketidaksamaan mekanisme; toner atau laser perlu pemanasan, dan tinta atau inkjet tidak perlu pemanasan, cuman pembersihan atau cleaning pada print-head printer itu.

Baca Juga : Apa Perbedaan Dari Wireless Indoor dan Wireless Outdoor

Ada juga kabel fleksibel untuk pengangkutan signal dari processor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, tetapi kuat. Di bagian belakang printer umumnya ada port paralel atau USB untuk penyambung ke komputer.

Pembuat modem sebagai alat hebat. Perkakasan electronic yang ada dalam sebuah pembuat sama dengan perkakasan electronic yang ada dalam komputer tersebut. Pembuat memiliki 6 tipe yakni tipe Dot-Matrix, tipe Daisy Wheel, tipe Ink-Jet / tipe Bubble Jet, tipe Chain, tipe Drum dan tipe Laser.